Author Guidelines

Kontribusi artikel dapat diterima dari berbagai institusi pendidikan maupun penelitian atau sejenis dalam bidang informatika, manajemen dan teknologi. Manuskrip dapat dikirim melalui sistem submission.

ELEKTRONIK MANUSKRIP

  1. Gunakan Microsoft Word versi Word 97-2003 Document sebagai media penulisan
  2. Manuskrip harus mengikuti aturan penulisan jurnal yang ditetapkan
    1. PENGETIKAN MANUSKRIP
  3. Pada halaman pertama dari manuskrip harus berisi informasi sebagai berikut:
    • Judul
    • Nama dan insitutsi penulis
    • Abstrak yang tidak boleh lebih dari 75 kata
    • kata kunci berisi maksimal 8 kata
    • catatan kaki dengan symbol bintang (*) pada halaman pertama ini berisi nomor alamat e-mail penulis
  4. Judul manuskrip diketik dengan huruf ‘Arial’ dengan ukuran 12 pt, abstrak dengan ukuran 9 pt, dan manuskrip dengan ukuran 10 pt.
  5. Abstrak harus menjelaskan secara langsung dengan bahasa yang jelas isi dari manuskrip, yaitu terdiri dari tujuan, metode, dan hasil. Singkatan atau akronim yang tidak lazim harus dijelaskan pada abstrak. Abstrak diketik dalam satu kolom dengan jarak satu spasi.
  6. Manuskrip ditulis menggunakan 1,5 spasi, 6pt sebelum paragraf dan 6 pt setelah paragraph.
  7. Setiap paragraf baru harus dimulai pada sisi paling kiri. Semua bagian dalam manuskrip (antara abstrak, teks, gambar, tabel dan daftar rujukan) berjarak dua spasi.
  8. Teks atau isi manuskrip diketik dalam dua kolom dengan jarak antar kolom 0,7cm dengan ukuran kertas lebar 19,3 cm dan panjang 26,3. Sisi atas dan bawah 3 cm, sisi samping kiri dan kanan 1,7cm.
  9. Setiap sub judul atau bagian diberi nomor urut romawi (seperti I, II, …,dst), diikuti sub-sub judulnya, mulai dari PENDAHULUAN sampai dengan DAFTAR RUJUKAN. Gunakan huruf capital untuk penulisan sub-judul
  10. Gambar-gambar harus ditempatkan setelah disebutkan dalam teks dan dengan kualitas yang baik serta diberi nama gambar dan nomor urut. Sama halnya untuk tabel.
  11. Persamaan harus diketik dengan jelas terutama untuk simbol-simbol yang jarang ditemui. Nomor persamaan harus ditempatkan di sisi sebelah kanan persamaan secara berurutan, seperti (1), (2).
  12. Sebutkan hanya referensi yang sesuai dan susun referensi tersebut dalam daftar rujukan yang hanya dan telah disebut dalam teks. Referensi dalam teks harus diindikasikan melalui nomor dalam kurung seperti [2]. Referensi yang disebut pertama kali diberi nama belakang penulisnya diikuti nomor urut referensi, contoh: Prihartono [3], untuk kemudian bila disebut kembali, hanya dituliskan nomor urutnya saja [3].
  13. Penulisan rujukan dalam daftar rujukan disusun secara lengkap sebagai berikut:

Sumber dari jurnal ditulis:

[1]  Knowles, J.C., and Reissner, E., (1958), Note on the stress strain relations for thin elastic shells. Journal of Mathematics and Physic, 37, 269-282.

 

Sumber dari buku ditulis:

[2]  Carslaw, H. S., and Jaeger, J. C., (1953), Operational Methods in Applied Mathematics, 2nd edn. Oxfortd University Press, London.

Urutan penomoran rujukan dalam daftar rujukan disusun berurutan berdasarkan nama pengarang yang terlbih dahulu disebut dalam manuskrip.

Template artikel dapat diunduh di tautan ini