EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI PADA PENYELESAIAN HAK JAWAB BERITA DI BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT SEKRETARIAT DAERAH KOTA BEKASI

Authors

  • Agung Fahruddin Agung Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/decision.v5i01.7394

Abstract

ABSTRAK Pemerintah Kota Bekasi tidak luput dari pemberitaan media massa yang menyoroti kinerja pemerintah daerah. Sayangnya, telah terjadi pemberitaan yang dianggap keliru dan perlu segera di klarifikasi karena tidak sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik. Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Bekasi selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Pemerintah Kota Bekasi melakukan pengelolaan isu publik dengan menyampaikan Hak Jawab dan Siaran Pers. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas komunikasi organisasi pada penyelesaian hak jawab berita di Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Bekasi. Kemudian penelitian ini menjelaskan faktor pendukung dan penghambat efektivitas komunikasi organisasi serta menjelaskan upaya yang dilakukan Bagian Humas Setda Kota Bekasi dalam menerapkan komunikasi organisasi. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus telah digunakan dalam penelitian ini. Kami menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menjawab tiga buah tujuan penelitian. Penelitian ini menemukan Efektivitas Komunikasi Organisasi pada Penyelesaian Hak Jawab Berita di Bagian Humas Setda Kota Bekasi berjalan dengan cukup efektif ditentukan oleh Iklim Komunikasi, Kepuasan Organisasi, Penyebaran Informasi, Beban Informasi, Ketepatan Pesan, dan Budaya Organisasi. Penelitian ini menyarankan agar Pemerintah Kota Bekasi untuk meningkatkan komunikasi organisasi dalam penyelesaian Hak Jawab Berita lebih efektif.    Kata Kunci: Efektivitas Komunikasi Organisasi, Hak Jawab, PPID, Informasi Publik    

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-16