PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI

Authors

  • Tika Rohayati Universitas Pasundan
  • Yusuf Ibrahim Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/gardaguru.v3i1.3792

Keywords:

Project-based Learning, Keterampilan Proses Sains, Sistem Sirkulasi

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBl) untuk meningkatkan keterampilan proses siswa (KPS) pada materi sistem sirkulasi. Penelitian dilaksanakan di SMAN 8 Bandung pada semester gasal tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-4 berjumlah 36 orang. Metode penelitian adalah metode deskriptif komparatif melalui teknik persentase dan deskriptif komparatif N-gain  posttest dan pretest di setiap siklus pembelajaran. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi KPS (non-tes), angket wawancara terbuka (non-tes), dan butir soal KPS dengan jenis soal pilihan ganda dan/atau uraian (tes). Analisis indikator KPS dibatasi pada keterampilan menerapkan konsep, merancang proyek, dan mengkomunikasikan hasil berdasarkan pertimbangan analisis data awal (pra-siklus). Hasil analisis menunjukkan peningkatan pada siklus I, dengan N-gain berturut-turut 0,35 (rendah), 0,26 (rendah), dan (0,26 rendah), serta persentase ketercapaian 60%, 55%, dan 55%. Pada siklus II, berturut-turut N-gain menunjukkan 0,56 (sedang), 0,33 (sedang), 0,33% (sedang), dengan persentase ketercapaian 75%, 65%, 65%. Siklus III menunjukkan N-gain 0,84 (tinggi), 0,56 (sedang), 0,56 (sedang), dengan persentase ketercapaian 85%, 80%, 80%. Disimpulkan model pembelajaran PjBl dapat meningkatkan KPS siswa kelas XI IPA-4 SMAN 8 Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, B. (2002). Improving Teaching Practices Action Research. Virginia: Blacksburg.

Hake, R. R. (1998). Interactive Engagement versus Tradiotional Methode: A six thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Phisic Course. American Journal of Physics, 64-74.

Handayani, S., Suciati, & Marjono. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Biologi melalui Penerapan Model Bounded Inquiry Lab. Bioedukasi, 49-54.

Hayat, M. S., & Kurniawan, I. S. (2016). Makalah Scientific Skills. Bandung: Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana UPI.

Holm, M. (2011). Project-Based Instruction: A Review of the Literature on Effectiveness in Prekindergarten through 12th Grade Classroom. River Academic Journal, Volume 7, 1-13.

Insyasiska, D., Siti, Z., & Herawati, S. (2015). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Biologi, 9-21.

Kale, M., Astutik, S., & Dina, R. (2013). Penerapan Keterampilan Proses Sains melalui Model Think Pair Share pada Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 233-237.

Magfiroh, N., Susilo, H., & Gofur, A. (2016). Pengaruh Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN Negeri 1 Sudoarjo. Jurnal Pendidikan: Teori, Pendidikan dan Pengembangan, 1588-1593.

Nawawi, S., Amilda, & Sari, M. P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sains, 88-96.

Oktadifani, U., Lesmono, A., & Subiki. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMA. Jurnal FKIP Universitas Jember, 109-114.

Putra, R. A. (2019, Mei 2). Potret Pendidikan Indonesia di Tengah Perkembangan Teknologi. Diambil kembali dari Made for Minds: https://www.dw.com/id/potret-pendidikan-indonesia-di-tengah-perkembangan-teknologi/a-48570547

Rahmasiswi, A., Slamet, S., & Puspitasari, D. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Biologi melalui Penerapan Model Inkuri di kelas XI MIA 9 (ICT) SMAN Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 428-433.

Rustaman, N. (2007). Keterampilan Proses Sains. Bandung: Pascasarjana UPI.

Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. (2004). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Downloads

Published

2021-06-29