PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARDS DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI JARINGAN HEWAN

Authors

  • Henhen Suhaeni Universitas Pasundan
  • Uus Toharudin Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/gardaguru.v3i1.3793

Keywords:

Media Pembelajaran Flash Cards, Hasil Belajar, Jaringan Hewan, Biologi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Dan masing masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan September sampai November tahun 2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 22 Bandung tahun pelajaran 2019/ 2020 yang terdiri atas 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media flash cards yang dibuat sendiri oleh siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 22 Bandung. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari rata rata dan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan. Peningkatan belajar siswa dari awal ke siklus III sebesar 29,66%. Sedangkan jumlah siswa mencapai ketuntasan yang awalnya hanya 8 orang menjadi 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penggunaan media flash cards yang dibuat sendiri oleh siswa, dapat dijadikan alternatif sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Azhar, Arsyad. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali

Budimansyah. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hamalik Oemar. 1994. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Irnaningtyas dan Yossa Istiadi. 2016. Biologi kelas XI. Jakarta: Erlangga

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Pess

Purwanto. 1986. Ilmu Pendidikan Teori dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sagala, Syaiful. 2004. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Subroto, Surya. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Ardi Mahatya.

Sudjana Nana. 1990. Teori-teori Belajar untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi UI.

Surakhmad, Wanarno. 2009. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas

https://www.zonareferensi.com 2015 diunduh tanggal 24 September 2019

https://cecepkustandi.wordpress.com 4 mei 2016 diunduh tanggal 24 September 2019

https://journal.unnes.ac.id. 2017 diunduh tgl 23 sept 2019 penggunaan media kartu flash card dalam meningkatkan hasil belajar konsep mutasi bagi peserta didik kelas XII. Mulyani. Jurnal profesi keguruan unnes journal

Downloads

Published

2019-06-30