PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARDS DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI JARINGAN HEWAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/gardaguru.v3i1.3793Keywords:
Media Pembelajaran Flash Cards, Hasil Belajar, Jaringan Hewan, BiologiAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Dan masing masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan September sampai November tahun 2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 22 Bandung tahun pelajaran 2019/ 2020 yang terdiri atas 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media flash cards yang dibuat sendiri oleh siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 22 Bandung. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari rata rata dan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan. Peningkatan belajar siswa dari awal ke siklus III sebesar 29,66%. Sedangkan jumlah siswa mencapai ketuntasan yang awalnya hanya 8 orang menjadi 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penggunaan media flash cards yang dibuat sendiri oleh siswa, dapat dijadikan alternatif sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
References
Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Azhar, Arsyad. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali
Budimansyah. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hamalik Oemar. 1994. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Irnaningtyas dan Yossa Istiadi. 2016. Biologi kelas XI. Jakarta: Erlangga
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Pess
Purwanto. 1986. Ilmu Pendidikan Teori dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sagala, Syaiful. 2004. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Penerbit Alfabeta.
Subroto, Surya. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Ardi Mahatya.
Sudjana Nana. 1990. Teori-teori Belajar untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi UI.
Surakhmad, Wanarno. 2009. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas
https://www.zonareferensi.com 2015 diunduh tanggal 24 September 2019
https://cecepkustandi.wordpress.com 4 mei 2016 diunduh tanggal 24 September 2019
https://journal.unnes.ac.id. 2017 diunduh tgl 23 sept 2019 penggunaan media kartu flash card dalam meningkatkan hasil belajar konsep mutasi bagi peserta didik kelas XII. Mulyani. Jurnal profesi keguruan unnes journal