UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Studi kasus pada mata pelajaran ekonomi materi menganalisis Indeks Harga dan Inflasi kelas XI IPS 2 SMAN 8 Bandung Semester ganjil tahun 2

Authors

  • Jumilianah Jumilianah Universitas Pasundan
  • Asep Syamsul Bachri Universitas Pasundan

Keywords:

Hasil Belajar Kognitif, Discovery Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran discovery dalam pembelajaran ekonomi, dan menguji upaya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 8 Kota Bandung dalam materi menganalisis indeks harga dan inflasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan metode deskriptif.  Metode deskriftif adalah prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian (seseorang, masyarakat). Hasil penelitian berdasarkan hasil yang dicapai pada siklus I, maka dapat dilihat bahwa telah terjadi peningkatan dari aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning mengalami peningkatan, ini pada siklus I jumlah nilai skor yang di peroleh 228 kategori cukup, sedangkan pada siklus II jumlah nilai yang diperoleh 313 dengan kategori baik. Begitu juga untuk prestasi belajar peserta didik setelah diberi tindakan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning yang divariasikan dengan game mengumpulkan poin nilai, mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada siklus I nilai rata rata 62,26 dengan ketuntasan belajar 52 % dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II nilai nilai rata rata 91, 94 dengan ketuntasan belajar 97 %. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik dalam penerapan model pembelajaran discovery learning yang divariasikan dengan game mengumpulkan poin nilai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-30