PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI BERORIENTASI PENCITRAAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMP YWKA BANDUNG

Authors

  • Oma Zainal Universitas Pasundan
  • Titin Nurhayatin Universitas Pasundan

Keywords:

Kemampuan Teks Menulis, Pencitraan, Discovery Learning

Abstract

Oma Zainal Falah. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Puisi Berorientasi Pencitraan  dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learnig Pada Kelas VIII SMP  YWKA Bandung. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, beliau  juga mengemukakan masih ada beberapa faktor yang menjadi kendala lain  dalam penulisan puisi yaitu  pembelajaran menulis puisi hanya dilakukan dengan teori sesuai dengan buku paket. Pendidik menjelaskan materi tentang menulis puisi kemudian memberi tugas kepada peserta didik untuk langsung praktik menulis puisi. Akibatnya peserta didik terkesan pasif, diam dan hanya mendengarkan apa yang disampikan  oleh pendidik. Sejalan dengan pernyataan itu, bahwa kemampuan peserta didik mengenai materi  menulis teks  puisi  berkaitan dengan kompetensi dasar menyajikan teks puisi masih berada di bawah Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) sebesar 70  Data hasil belajar peserta didik kelas VIII A tahun pelajaran 2019/2020 pada kemampuan menulis teks puisi  dari 34  peserta didik hanya 15 peserta didik (50 %) yang sudah mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) Salah satu model pembelajaran yang tepat dan dapat menumbuhkan minat  peserta didik dalam pembelajaran Menulis  teks Puisi  berorientasi pencitraan  yaitu menggunakan  model pembelajaran  discovery learning. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian, penulis memperoleh gambaran bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat memberikan hasil positif dan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks puisi berorientasi gaya bahasa  dan Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan peningkatan proses aktivitas peserta didik  dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan. Pada siklus kesatu, nilai hasil belajar peserta didik dalam menulis teks puisi berorientasi gaya bahasa   hanya mencapai rata-rata 65,03  Pada siklus pertama, peserta didik yang telah mencapai Kriteria Batas Minimal (KBM) sebesar 70 sebanyak 12 orang (35,29%)   dan sebanyak 22 orang  ( 64,71%) belum mencapai KBM. Pada siklus kedua, nilai hasil belajar peserta didik dalam menulis teks puisi  hanya mencapai rata-mencapai rata-rata 75,18. Pada siklus kedua, peserta didik yang telah mencapai Kriteria Batas Minimal (KBM) sebesar 70 sebanyak 25 orang  ( 73,53%)  dan sebanyak 9  orang  ( 26,47%) belum mencapai KBM. Pada siklus ketiga, semua peserta didik telah mencapai KBM sebesar 70. Peningkatan nilai hasil belajar peserta didik tersebut sebagai dampak peningkatan nilai proses aktivitas  belajar peserta didik. Pada siklus pertama, rata-rata proses belajar peserta didik mencapai nilai 2,14 siklus kedua 3,00 pada kriteria baik, dan siklus ketiga 3,80 pada kriteria sangat baik. Data tersebut menunjukkan bahwa proses belajar peserta didik dalam menulis teks puisi berorientasi gaya bahasa   mengalami peningkatan. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks puisi berorientasi gaya bahasa  pada peserta didik kelas VIII A SMP YWKA Bandung tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-30