Pemberdayaan Kader Posyandu untuk Membuat “Jajasendu” Sebagai Upaya Penurunan Angka Stunting di Desa Muara Ciujung Timur, Banten

Authors

  • Amalia Zuhra Universitas Trisakti
  • Gita Handayani Tarigan Universitas Trisakti
  • Astri Rinanti Universitas Trisakti https://orcid.org/0000-0001-8649-6307
  • Thalia Sunaryo Universitas Trisakti
  • Dzikri Fadhilah Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v25i2.11180

Keywords:

Banten, Jajasendu, jajanan sehat Posyandu, Kader Posyandu, stunting

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) telah dilaksanakan dengan melibatkan kader posyandu di Desa Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Lebak, Banten sebagai penerima manfaat dari kegiatan PKM ini. PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kader posyandu sebagai upaya menurunkan stunting dengan mengolah bahan makanan menjadi jajanan sehat posyandu (Jajasendu) sebagai upaya dalam meningkatkan ekonomi para kader posyandu dan membuat inovasi mini mobile food truck sebagai wadah untuk menjual Jajasendu bagi kader posyandu. Kegiatan PKM ini terdiri dari: (1) penyuluhan hak asasi manusia, gizi sehat, dan balita yang merupakan suatu kaitan penting; (2) pelatihan kewirausahaan termasuk business model canvas (BMC) dan pelatihan pengelolaan keuangan; (3) pelatihan pembuatan Jajasendu. Setelah memberikan pelatihan, evaluasi dilakukan untuk mengukur keberhasilan pelatihan tersebut dengan membagikan kuesioner untuk para kader posyandu. Hasil dari evaluasi tersebut menunjukkan bahwa sebagaian bersar para kader dapat memanfaatkan sistem pengelolaan keuangan yang diberikan oleh tim PKM. Selain itu, keterampilan dan pengetahuan kader posyandu dalam menurunkan angka stunting telah meningkat setelah menerima penyuluhan dan pelatihan pembuatan Jajasendu. Luaran dari PKM ini berupa inovasi mini mobile food truck, peningkatan kompetensi dan ketrampilan pada kader posyandu dalam memanfaatkan sistem pengelolaan keuangan dan pembuatan Jajasendu, publikasi pada media massa dan artikel ilmiah. Luaran tambahan berupa Hak Kekayaan Intelektual berupa sertifikat Hak Cipta gambar kerja mini mobile food truck, poster kegiatan PKM dan Buku Resep Jajasendu serta Hak Cipta Merek Jajasendu dengan status terdaftar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, D., & Purnaweni, H. (2017). Implementasi Program Perbaikan Gizi Balita di Puskesmas Wonosalam I Kabupaten Demak. Journal of Public Policy and Management Review. 6(4), 43-52.

Aguayo, V. M., & Menon, P. (2016). Stop stunting: improving child feeding, women’s nutrition and household sanitation in South Asia. Maternal and Child Nutrition, 12: 3–11.

Aini, E. N., Nugraheni, S. A., & Pradigdo, S. F. (2018). Faktor yang mempengaruhi stunting pada balita usia 24-59 bulan di Puskesmas Cepu Kabupaten Blora. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 6(5), 454- 461.

Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat Kemeterian Kesehatan. (2018). Pedoman Strategi Komunikasi Perubahan Prilaku dalam Percepatan Pencegahan Stunting di Indonesia.

Ismawati, C.S., Pebriyanti, S., & Proverawati, A. (2010). Posyandu dan Desa Siaga. Yogyakarta: Nuha Medika.

Makripuddin, L., Roswandi, D.A. & Tazir, F.T. (2021). Kebijakan Dan Strategi Percepatan Penurunan Stunting Di Indonesia.

Munira, S.L. (2023). Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022.

Novianti, N., Purnaweni, H., & Subowo, A. (2021). Peran Posyandu Untuk Menangani Stunting di Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Journal of Public Policy and management Review. 10(3), 1-10.

Nuryadin EA. (2020). Kecamatan Rangkasbitung Dalam Angka 2020.

Pusporini. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan pada Pelaku UMKM Kecamatan Cinere, Depok. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan. 2(1), 58-69.

Rahayu, R, M., Pamungkasari, E. P., & Wekadigawan, CSP. (2018). The Biopsychosocial Determinants of Stunting and Wasting in Children Aged 12-48 Months. Journal of Maternal and Child Health. 3(2), 105-118.

Widyarni, A. (2017). Analisis Hubungan Tingkat Pendapatan dan Pengetahuan dengan Perilaku Ibu Terhadap Gizi Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Besar Kota Banjarbaru Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Indonesia. 3(1), 9-14.

World Health Organization. (2016). Sustainable development goals indicators: Metadata repository.

Downloads

Published

2023-12-11