PENGEMBANGAN LAYANAN APLIKASI GO-JEK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Suhaila Lungsae Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • M. Ruslianor Maika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v23i1.3944

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Layanan, Go-jek, TAM

Abstract

Dalam penelitian ini penulis akan membahas permasalahan model bisnis berbasis ekosistem pada aplikasi Go-Jek untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dan pada masa terkini bahwa internet sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat. Meningkatnya pengguna smartphone, baik Android maupun iOS, menjadikan tingkat ketergantungan masyarakat pada handphone serta internet yang tinggi. Kesempatan inilah yang mendorong para pendiri transportasi online (GO-JEK) menyediakan ojek berbasis online.  Oleh karenan itu menjadi permasalahan bertujuan untuk mencari dampak ekosistem layanan dengan adanya suatu aplikasi yaitu aplikasi Go-jek. Dan juga dapat mengetahui loyalitas penggunaan aplikasi Go-jek oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi, bertujuan untuk mengembangkan pemahaman yang lengkap, akurat dan jelas tentang pengalaman manusia atau momen pengalaman tertentu. Dan pendekatan fenomenologi dapat mencari pengalaman pengguna secara mendalam dalam menggunakan aplikasi Go-jek. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa sebayak 75% informan, merasa puas terhadap layanan mitra Go-jek, meskipun mengalami kejadian tidak sesuai dengan standar prosedur operasional Go-jek, tetapi tetap puas dengan layanan yang diberikan. Go-food merupakan layanan terbanyak yang digunakan yaitu  sebanyak 36 orang, layanan kedua yang paling banyak digunakan adalah Go-ride sebayak 32 orang yang menggunakannya. Tingkat loyalitas pelanggan kepada mahasiswa UMSIDA cukup tinggi dengan jumlah 52% informan dalam menggunakan aplikasi Go-jek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hardaningtyas, R. T. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Transportasi Online (Grab) Di Malang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 42–58. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.60

Muhammad Adey Romadhoni. (2020). Analisis Model Bisnis Multi Layanan Pada Aplikasi Go-Jek Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Osteoarthritis and Cartilage, 28(2), 1–43. Retrieved from http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Aji, S., & Hidayatullah, A. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayan Aplikasi Gojek Dengan Metode PIECES Framework. Jurnal Sistem Informasi, x, 1–7. Retrieved from http://ojs.stmik-borneo.ac.id/index.php/J-SIm/article/view/46

Setiyawan. (2013). GAMBARAN UMUM PT. GOJEK INDONESIA Sub. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Haryanto, E. (2008). Edy Haryanto, Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.,Andi,Yogyakart 2008. hlm 120 1 digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib. 1–21.

Murdianto, Y., Rochmawati, R. I., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Analisis Pengaruh Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual (Studi Kasus Go-Jek Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(1), 603–612.

Oliver. (2014). Kepuasan Pelanggan Kotler. 8–25.

Hafiar, H., Lukman, S., Ardiyanto, A., Basu, S., Irawan, Mussardo, G., … Mussardo, G. (2018). LANDASAN TEORI PEMASARAN. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran Strategis. In Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan.

Bitar. (2014). Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi, Tujuan, Konsep & Contoh. Retrieved December 5, 2020, from GuruPendidikan.Com website: https://www.gurupendidikan.co.id/manajemen-pemasaran/

Ii, B. A. B., & Pelanggan, A. L. (2005). Loyality is defined as non random purchase expressed over time by some decision making unit. 28–47.

Downloads

Published

2021-05-25