PEMBUATAN APLIKASI KELAYAKAN KREDIT MIKRO PADA PT. BPD JAWA BARAT DAN BANTEN,TBK.

Authors

  • sandra islama putra Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v18i2.495

Keywords:

aplikasi, kredit mikro

Abstract

PT. BDP Jawa Barat dan Banten,Tbk merupakan salah satu Perbankan yang bergerak dalam bisnis peminjaman uang dan suatu lembaga intermediasi dalam negara, salah satu produknya kredit mikro, berkenaan hal tersebut bank menutut para karyawan dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan kepada nasabahnya. Di era yang modern ini, teknologi bukan merupakan hal yang baru terutama di perusahaan. Hampir semua perusahaan menggunakan teknologi dalam menjalankan, mengembangkan dan mendukung oprasional segala jenis perusahaan bisnis. Dengan seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan maka informasi memiliki peranan yang sangat penting untuk mendukung pengambilan sebuah keputusan,  sehingga sistem manual mulai ditinggalkan, dan digantikan dengan sistem komputerisasi. Hal ini dikarenakan sistem manual seringkali membuat kinerja perusahaan terhambat dan kurang optimal. Oleh sebab itu dibuatkanlah aplikasi yang akan membantu bagian analis kredit mikro, untuk pengambilan keputusan kelayakan nasabah yang akan mengajukan kredit. Penganalisisan kelayakan ini didasarkan atas syarat yang telah ditentukan oleh PT. BDP Jawa Barat dan Banten, Tbk. Untuk menyelesaikannya masalah ini dibuatkanlah aplikasi kelayakan kredit mikro terhadap nasabah yang layak mengajukan dan meneria kredit yang didukung dengan bahasa pemrograman Visual Basic dan Sql Server sebagai media penyimpanan data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfyanti, I., Purwanto, E., 2012. Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kelayakan Kredit Pinjaman pada Bank Rakyat Indonesia Unit Segiri Samarinda Dengan Metoda Fuzzy MADM (Multiple Attribute Decission Making) Menggunakan SAW (Simple Additive Weighting), Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Komunikasi Terpan (Semantik 2012), Semarang.

Pressman, R. S., 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku. Satu), ANDI Yogyakarta.

Hendrawan, W., 2009. Software System Requirement Management Planning, Artikel, BINUS University. http://weha88.blog.binusian.org/files/ 2009/06/gabungan-paper-2.doc, diakses September 2016

Downloads

Published

2017-09-28