Penerapan K-Means Clustering dalam Menentukan Bidang Magang Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Papua

Authors

  • Sri Putri Aulia Syam Universitas Papua
  • Christian Dwi Suhendra Universitas Papua
  • Lion Ferdinand Marini Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v25i1.7585

Keywords:

Clustering, K-Means, Mahasiswa, Nilai Mata Kuliah, Program Magang

Abstract

Kampus merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan beberapa program yang diterapkan di perguruan tinggi salah satunya adalah magang dan studi independent bersertifikat (MSIB). Program magang memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih bidang magang serta instansi penyedia magang. Namun dalam penerapannya bidang magang yang dipilih belum sesuai dengan kemampuan yang dimiliki mahasiswa. Kajian ini bertujuan untuk menerapkan K-Means Clustering dalam menentukan bidang magang mahasiswa. Studi kasus yang diambil yaitu mahasiswa Jurusan Teknik Informatik Universitas Papua. Kemampuan mahasiswa akan diukur berdasarkan nilai mata kuliah serta menerapkan metode K-Means Clustering untuk mengelompokkan bidang magang mahasiswa. Setelah melakukan pengujian diperoleh nilai DBI terendah yaitu 0.203 dari nilai k=2. Cluster yang terbentuk dalam penelitian ini yaitu cluster_0 dengan 57 data nilai mahasiswa dan cluster_1 dengan 134 data nilai mahasiswa. Dengan metode K-Means Clustering berhasil menentukan bidang magang mahasiswa berdasarkan nilai mata kuliah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam Jusia, P., Muhammad Irfan, F., & Dinamika Bangsa Jambi Jl Jend Sudirman Thehok Jambi, S. (2019). Clustering Data Untuk Rekomendasi Penentuan Jurusan Perguruan Tinggi Menggunakan Metode K-Means. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 3(3), 75.

Aprilla Dennis. (2013). Belajar Data Mining dengan RapidMiner. Innovation and Knowledge Management in Business Globalization: Theory & Practice, Vols 1 and 2, 5(4), 1–5. http://esjournals.org/journaloftechnology/archive/vol1no6/vol1no6_6.pdf%5Cnhttp://www.airccse.org/journal/nsa/5413nsa02.pdf

Hermawan, B. (2018). DASAR TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMROGRAMAN Bayu Hermawan Adi Pratama Bambang Sujatmiko. 03.

Irhamni, F., Damayanti, F., Khusnul K, B., & A, M. (2014). Optimalisasi Pengelompokan Kecamatan Berdasarkan Indikator Pendidikan Menggunakan Metode Clustering dan Davies Bouldin Index. Seminar Nasional Dan Teknologi UMJ, 11, 1–5.

Kampus Merdeka. (2020). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan RI. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

Lase, Y., & Panggabean, E. (2019). Implementasi Metode K-Means Clustering Dalam Sistem Pemilihan Jurusan Di SMK Swasta Harapan Baru. Jurnal Teknologi Dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), 2(2), 43. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v2i2.723

Ndruru, E., & Limbong, R. (2018). Implementasi Data Mining Dalam Pengelompokan Jurusan yang Diminati Siswa SMK Negeri 1 Lolowa’u menggunakan Metode Clustering | Ndruru | MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem). MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 3(2), 107–113. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/article/view/273/pdfdssdx11

Nur Khormarudin, A. (2016). Teknik Data Mining: Algoritma K-Means Clustering. Jurnal Ilmu Komputer, 1–12. https://ilmukomputer.org/category/datamining/

Rini, O., & Kunang, S. O. (2021). Implementasi Data Mining Menggunakan Metode Naive Bayes Untuk Penentuan Penerima Bantuan Program Indonesia Pintar ( Pip ) ( Studi Kasus : Sd Negeri 9 Air Kumbang ). Bina Darma Conference on Computer Science, 3(4), 714–722. https://conference.binadarma.ac.id/index.php/BDCCS/article/view/2450

Sibuea, M. L., & Safta, A. (2017). Pemetaan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode K-Means Clustring. Jurteksi, 4(1), 85–92. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v4i1.28

Sopyan, Y., Lesmana, A. D., & Juliane, C. (2022). Analisis Algoritma K-Means dan Davies Bouldin Index dalam Mencari Cluster Terbaik Kasus Perceraian di Kabupaten Kuningan. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(3), 1464–1470. https://doi.org/10.47065/bits.v4i3.2697

Sulistiyawati, A., & Supriyanto, E. (2021). Implementasi Algoritma K-means Clustring dalam Penetuan Siswa Kelas Unggulan. Jurnal Tekno Kompak, 15(2), 25. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.1162

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

Zaefuan, W. (2018). Penerapan Clustering Pada Sistem Pembagian Rombongan Belajar Siswa Menggunakan Algoritma K-Means. http://eprintslib.ummgl.ac.id/3103/

Downloads

Published

2023-06-29