THE GREY AREA OF EDUCATION POLICY IN EAST JAVA: AN ANALYSIS FROM PUBLIC PERCEPTION

Authors

  • Mathur Husyairi Universitas Airlangga
  • Bintoro Wardiyanto
  • Erna Setujaningrum

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v16i02.15925

Keywords:

Area Abu-abu, Kebijakan Publik, Kebijakan Pendidikan, Persepsi Masyarakat

Abstract

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menangani beragam permasalahan di bidang pendidikan melalui Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 33 Tahun 2019 tentang Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan pada Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Dan Swasta di Provinsi Jawa Timur yang bertujuan untuk membebaskan siswa SMA/SMK dari SPP. Kebijakan ini juga dipopulerkan sebagai Program Pendidikan Gratis Berkualitas (TisTas). Pada periode awal diterapkan yaitu tahun 2019, kebijakan ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Namun hingga tahun 2024, kebijakan ini menuai banyak permasalahan yaitu praktik pungli. Bahkan di Kota Surabaya, yang merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Provinsi Jawa Timur, serta daerah penerima dana BPOPP paling tinggi dibanding kota/kabupaten lain di Jawa Timur juga masih ditemukan praktik pungli yang dilakukan oleh pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis 'the grey area' pada kebijakan kebijakan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 33 Tahun 2019 dengan mengkaji lebih dalam persepsi publik terhadap implementasi kebijakan tersebut.. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan melibatkan 15 informan yang dipilih melalui teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 33 Tahun 2019 menciptakan beragam persepsi publik dan berada dalam area abu-abu atau the grey area, dimana tidak sepenuhnya berhasil namun juga tidak sepenuhnya gagal. The grey area pada 2 dimensi yaitu policy as process dan policy as program dikategorikan sebagai conflicted success. Sementara itu, dimensi policy as politics dikategorikan sebagai precarious success.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aenon, N., Iskandar, I., & Rejeki, H. S. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(2), 149. https://doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42965

Alhamuddin, Fanani, A., Yasin, I., & Murniati, A. (2020). Politics of Education in Curriculum Development Policy in Indonesia from 1947 to 2013: A Documentary Research. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 29–56. https://doi.org/10.14421/jpi.2020.91.29-56

AntaraNews.com. (2020, Januari 1). Gubernur: 94 ribu anak di Riau putus sekolah karena keterbatasan biaya. https://www.antaranews.com/berita/1230764/gubernur-94-ribu-anak-di-riau-putus-sekolah-karena-keterbatasan-biaya

Bahri, B., Sumaryana, A., Karnaesih, E., & Karlina, N. (2019). The Implementation of the Allocation and Distribution of School Operational Assistance Program for Compulsory Education Units in Kuningan Regency, West Java Province. Journal of Social Studies Education Research, 10(1), 178–192.

BangsaOnline.com. (2019, September 23). Dana BPOPP untuk Program TisTas SMA/SMK Cair, Disdik: Tidak Ada Lagi Siswa Tak Mampu. https://www.bangsaonline.com/berita/62966/dana-bpopp-%E2%80%8Buntuk-program-tistas-smasmk-cair-disdik-tidak-ada-lagi-siswa-tak-mampu?page=all#google_vignette

Berita Satu. (2023, Juli 22). Tegas! Khofifah Larang Kepala Sekolah Tarik Pungutan Liar. https://www.beritasatu.com/nasional/1058458/tegas-khofifah-larang-kepala-sekolah-tarik-pungutan-liar

CNN Indonesia. (2021, Agustus 17). Ahli World Bank Nilai Kualitas Guru di Indonesia Masih Rendah. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210917142431-12-695785/ahli-world-bank-nilai-kualitas-guru-di-indonesia-masih-rendah

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition). SAGE Publications, Inc.

Databoks. (2022, September 20). Proporsi Penduduk Indonesia menurut Jenjang Pendidikan (Juni 2022). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/hanya-6-warga-indonesia-yang-berpendidikan-tinggi-pada-juni-2022

Detikedu. (2022a, Juli 11). 10 Provinsi dengan Jumlah Sekolah Terbanyak di Indonesia, Nomor Satu Bukan DIY. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6173210/10-provinsi-dengan-jumlah-sekolah-terbanyak-di-indonesia-nomor-satu-bukan-diy/1

Detikedu. (2022b, September 2). Penyebab Utama Putus Sekolah, Alasannya Selalu Faktor Ekonomi? https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6268844/penyebab-utama-putus-sekolah-alasannya-selalu-faktor-ekonomi

Dewi, P. Y. A., & Indrayani, L. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Biaya Pendidikan. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 69–78. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.27034

Faktualnews.co. (2022, Agustus 14). Partai Ummat Jatim Soroti SMA dan SMK Negeri Lakukan Pungutan Parmas. https://faktualnews.co/2022/08/14/partai-ummat-jatim-soroti-sma-dan-smk-negeri-lakukan-pungutan-parmas/329488/

Glewwe, P. (2013). Education Policy in Developing Countries. University of Chicago Press. https://doi.org/10.7208/chicago/9780226078854.001.0001

Hastuti, K., Susanti, H., & Erfando, T. (2022). Evaluasi Kebijakan Program MBKM dalam Meningkatkan Capaian Pembelajaran Lulusan Perguruan Tinggi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7445–7454.

KabarPendidikan.id. (2021, Februari 6). Pendidikan di Indonesia yang Belum Merata. https://www.kabarpendidikan.id/2021/02/pendidikan-di-indonesia-yang-belum.html

Kompas.com. (2019, Februari 27). Anggaran Program SPP Gratis SMA-SMK di Jatim Mencapai Rp 1,8 Triliun Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anggaran Program SPP Gratis SMA-SMK di Jatim Mencapai Rp 1,8 Triliun. https://regional.kompas.com/read/2019/02/27/05213941/anggaran-program-spp-gratis-sma-smk-di-jatim-mencapai-rp-18-triliun

Kompasiana. (2022a, Februari 27). Mahalnya Biaya Pendidikan dan Dampaknya terhadap Kualitas SDM di Indonesia. https://www.kompasiana.com/vina23783/621ac6518700643b8103d3e2/mahalnya-biaya-pendidikan-dan-dampaknya-terhadap-kualitas-sumber-daya-manusia-di-indonesia

Kompasiana. (2022b, Desember 3). Dampak Kurangnya Pemerataan Pendidikan di Indonesia. https://www.kompasiana.com/isnacahya/638b013f08a8b55f74183a73/dampak-kurangnya-pemeratan-pendidikan-di-indonesia

Kumparan. (2022, November 26). Problematika Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Terpencil. https://kumparan.com/nurul-azzahra-1669446039263959432/problematika-sarana-dan-prasarana-pendidikan-di-sekolah-terpencil-1zKA8qT4Mbc

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Kusumajati, K., & Kurniawan, T. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan bagi Mahasiswa dari Keluarga Tidak Mampu. 9, 166–176.

LintasJatimNews.com. (2022, Oktober 4). Diduga Pungli, 5 SMA/SMK Dilaporkan Ke Tipikor Polda Jatim. https://lintasjatimnews.com/2022/10/04/diduga-pungli-5-sma-smk-dilaporkan-ke-tipikor-polda-jatim/

Liputan12.id. (2020, September 9). Polemik Dugaan Pungli Biaya PPDB Hingga Jutaan Rupiah di SMA Negeri Favorit Sumenep Terus Bergulir. https://liputan12.id/headline/polemik-dugaan-pungli-biaya-ppdb-hingga-jutaan-rupiah-di-sma-negeri-favorit-sumenep-terus-bergulir/

Medcom.id. (2023, Juli 21). Khofifah Tegaskan Sekolah Tak Boleh Minta Sumbangan Secara Paksa. https://www.medcom.id/nasional/daerah/9K5Dg20k-khofifah-tegaskan-sekolah-tak-boleh-minta-sumbangan-secara-paksa

Metro Times. (2022, Oktober 4). Diduga Pungli, 5 SMA/SMK Dilaporkan Ke Tipikor Polda Jatim. https://metrotimes.news/hukum/diduga-pungli-5-sma-smk-dilaporkan-ke-tipikor-polda-jatim/

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook ((4th ed.)). Sage Publications.

Musayyidi, M. (2020). Menyoal Komersialisasi Pendidikan di Indonesia. Jurnal Kariman, 8(1), 125–140. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i1.134

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (Seventh Edition). Pearson Education Limited.

Nursiniah, S., & Aliyyah, R. R. (2024). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(3), 2832–2855.

Puspita, K. A., Rachmawati, I., & Sampurna, H. (2023). Pengaruh Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah terhadap Partisipasi Masyarakat di Kota Sukabumi. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 14(1), 1–11.

Putra, C. G. A. K., Sulandari, S., Suastini, N. L. P., Astuti, N. K. S., & Rahayu, L. R. (2023). Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Dasar No 6 ABIANSEMAL Kabupaten Badung Provinsi Bali. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 14(1), 73–82.

Rahman, A., Mawar, M., Wahyuning Dyas Tuti, R., Handayani, N., & Sahrul, M. (2021). Key Determinants of Elementary School Education Policy Implementation in Border Region. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 11(1), 111. https://doi.org/10.26858/jiap.v11i1.20585

Realita.Co. (2021, Agustus 30). SMKN 10 Surabaya Diduga “Paksa” Siswa Beli Seragam Sekolah. https://realita.co/baca-3605-smkn-10-surabaya-diduga-paksa-siswa-beli-seragam-sekolah

regamedianews.com. (2022, Januari 17). SMAN 7 Surabaya Diduga Pungut Iuran Jutaan Rupiah. https://regamedianews.com/2022/01/17/sman-7-surabaya-diduga-pungut-iuran-jutaan-rupiah/

Republika. (2018, Mei 3). Masalah Ekonomi Jadi Penghambat Anak Tak Sekolah. https://www.republika.co.id/berita/p843fe335/masalah-ekonomi-jadi-penghambat-anak-tak-sekolah

Republika. (2019, April 18). Rendahnya Kompetensi Guru Jadi Masalah Pendidikan di Indonesia. https://republika.co.id/berita/pq53k5368/rendahnya-kompetensi-guru-jadi-masalah-pendidikan-indonesia

Romlah, S., Imron, A., Maisyaroh, Sunandar, A., & Dami, Z. A. (2023). A free education policy in Indonesia for equitable access and improvement of the quality of learning. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2245734

Rosevelt, A., isyandi, B., & Kornita, S. E. (2022). Analisis Prestasi Pendidikan Anak Penerima Bantuan Program Keluarga di Kecamatan Peranap Kabupaten Indragairi Hulu. Jurnal Niara, 14(3), 197–212.

Rupinus, R., Arifin, A., & Akadira, T. (2023). Implementasi Kebijakan Wajib Belajar Sembilan Tahun di Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(2), 301–310. https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2852

Saepuloh, D., & Suherman, A. (2019). Analisis Penyebab Angka Putus Sekolah dan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga di Kota Tangerang. JURNAL PENELITIAN DAN KARYA ILMIAH, 18(2), 98–111. https://doi.org/10.33592/pelita.v18i2.45

Sarkadi, S., Syarifa, S., & Casmana, A. R. (2020). The Policy of Education Based on Character Values for the Best Quality of Education “An Analysis of the Zoning System Policy Imposed by Ministry of Education and Culture in Indonesia.” Universal Journal of Educational Research, 8(8), 3423–3429. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080816

Sianturi, R. (2021). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Berbasis MBS. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 12(1), 63–71.

Sindonews.com. (2020a, Juli 7). SPP SMA/SMK Negeri Gratis, Khofifah Larang Sekolah Lakukan Pungli. https://daerah.sindonews.com/read/92870/704/spp-smasmk-negeri-gratis-khofifah-larang-sekolah-lakukan-pungli-1594098457

Sindonews.com. (2020b, November 13). Akses Pendidikan Belum Merata di Kawasan 3T. https://edukasi.sindonews.com/read/230374/212/akses-pendidikan-belum-merata-di-kawasan-3-t-1605222680?showpage=all

Suherda, H., Amin, M. M., & Fadillah, F. (2019). The Evaluation of Free Education Program at North Kayong District in 2016Period. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 4(1), 14. https://doi.org/10.26737/jetl.v4i1.969

surabayaonline.co. (2020, Desember 21). Wali Murid SMKN 12 Protes, Ambil Rapor Bersyarat Iuran Komite Sekolah. https://surabayaonline.co/2020/12/21/wali-murid-smkn-12-protes-ambil-rapor-bersyarat-iuran-komite-sekolah/

Suwarti, Ismanto, B., & Dwikurnaningsih, Y. (2023). Evaluation of Indonesian P5 “Merdeka Curriculum” for Education Improvement Using CIPP Model. International Journal of Research and Review, 10(12), 698–709. https://doi.org/10.52403/ijrr.20231270

Tharaphy, K. (2021). An Evaluation of the Elementary Education Policy in Myanmar. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210928.100

TribunMadura.com. (2019, Juli 7). Respon Kepala Sekolah Swasta di Surabaya Terkait SPP SMA-SMK Negeri Jatim Gratis, Orang Tua Terbantu. https://www.kompas.id/baca/utama/2019/02/15/gratis-spp-dan-seragam-siswa-sma-dan-smk-negeri-di-jatim

Widiyono, Prihadini, D., Nurbaity, S., Rahmadi, H., & Irvawan, R. (2020). Evaluation Of Government Policy On School From Home And Its Impact On Parents Stress Level In Bekasi City. Ilomata International Journal of Social Science, 1(4), 251–256. https://doi.org/10.52728/ijss.v1i4.172

Windiastuti, E., & Fridayani, H. D. (2021). An Evaluation of the Education Policy of the Republic of Indonesia concerning the Use of Information, Communication and Technology. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 36–48. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5957

Yuliastanty, S. (2017). Impact Free School on The Quality of Education in Indonesia. Global Education, Common Wealth, and Cultural Diversity, 526–537.

Downloads

Published

2025-06-30