MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN SUMBER DAYA MARITIM DI INDONESIA

Authors

  • Ari Wibowo Sesko AL Jakarta
  • Eka Prabawa Dirjianbangdik Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut
  • Endun Sugiarto Sesko AL Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v12i2.4201

Keywords:

Strategi Pengelolaan, Sumberdaya Pesisir Laut dan Sistem Tata Kelola Maritim

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji tentang potensi dan pengelolaan sumberdaya laut masyakarat pesisi. Tujuan dari pembangunan sumberdaya laut berkelanjutan adalah: Dalam perspektif bertujuan untuk menyiapkan wilayah pertahanan laut dan kekuatan pendukungnya secara dini dalam rangka memenangkan peperangan. Dalam perspektif kepentingan masyarakat bertujuan untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat maritim. Dalam perspektif kepentingan TNI bertujuan untuk tercapainya tugas pokok TNI Angkatan Laut, dalam meningkatkan pertahanan negara. Tujuan umum dari penelitian ini adalah menganalisis implikasi pembangunan sumberdaya laut berkelanjutan Dalam Meningkatkan sistem tata kelola maritim. Penelitian menggunakan metode kualitatif.  Data diperoleh dari para informan yang ditetapkan dan selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis kualitatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Ilmu. Jakarta: RajaGrafindo, 2014

Asmara, A. Y. (2012). PENGUATAN ZONA EKONOMI EKSLUSIF DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA MARITIM INDONESIA DI WILAYAH PERBATASAN (Pembelajaran darim Kebijakan Pemerintah Norwegia Perihal Regulasi, Pemanfaatan Iptek, Manajemen Kelembagaan dan Kerjasama Internasional). J. Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 2(2), 131–144.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitataif: Komunikasi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2017

FAO, 1995, Code of Conduct for Responsible Fisheries, Rome: Food and Agriculture Organization of The United Nations.

Josef Thessing dan Wilhelm Hofmeister (ed.), 1996, Environment and Development Protection as An Element of Order Policy, Rathausallee: KonradAdenauer Stiftung, hlm. 64, dalam A. Sonny Keraf, Ibid, hlm. 192.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2017 Tentang Kebijakan Kelautan Indonesia.

Puspitarini, R. C., & Yunus, M. (2019). IMPLEMENTASI TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM KEBIJAKAN PENGELOLAAN MARITIM BERKELANJUTAN MELALUI LARANGAN PENGGUNAAN CANTRANG. Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan, &Sosial (Publicio), 1(2), 15–26.

Sutardjo, S. C. (2014). KEBIJAKAN PEMBANGUNAN KELAUTAN DAN PERIKANAN KE DEPAN DEVELOPMEN POLICY OF MARINE AND FISHERIES. Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia, 6(1), 37. https://doi.org/10.15578/jkpi.6.1.2014.37-42

Downloads

Published

2021-07-01