PENERAPAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNANCE PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Djakit Prihartono Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i2.5179

Keywords:

Pelayanan Publik, E-governance, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Penerapan pelayanan publik berbasis e-governance pada era revolusi industri 4.0 penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara efektif dan efisien. Hal ini dilakukan karena banyaknya permasalahan pelayanan publik yang tidak dapat diselesaikan seperti pelayanan publik kurang responsive, kurang informatif, kurang koordinasi dan lain sebagainya. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pelayanan publik berbasis e-governance pada era revolusi industri 4.0, manfaat penerapan dan hambatannya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi pustaka. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka yang berasal dari jurnal, artikel, prosiding dan lain sebagainya. Teknik analisis data yakni  yaitu pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pelayanan publik berbasis e-governance pada era revolusi industri 4.0 harus berdasarkan beberapa indikator diantaranya support, capacity dan value. Manfaat penerapan pelayanan publik berbasis e-governance pada era revolusi industri 4.0 yakni dapat meningkatkan efektivitas efisiensi dan mengurangi biaya, meningkatkan pelayanan, meningkatkan partisipasi masyarakat, meningkatkan transparansi dan mengurangi korupsi. Penerapan pelayanan publik berbasis e-governance pada era revolusi industri 4.0 tentunya memiliki beberapa hambatan diantaranya tangible, intangible dan very intangible.   Kata Kunci: Pelayanan Publik, E-governance, Revolusi Industri 4.0

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indah Purnamasari, A., Indra Wardani, Y., & Aulia Hidayah, D. (n.d.). Inovasi Layanan Transaksi E-government Pada BIdang Perizinan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang.

Loura Hardjaloka. (2014). Studi Penerapan E-government Di Indonesia Dan Negara Lainnya Sebagai Solusi Pemberantasan Korupsi Di Sektor Publik (Implementation Study on E-government in Indonesia and Other Countries As A Solution in Eradicating Corruption in Public Sector) (Vol. 3, Issue 3).

Prabawati, L. P., Fajri, I. N., & Septiani, F. D. (n.d.). Penerapan E-government Melalui Simpenda Di Bkd (Badan Keuangan Daerah) Kota Batu).

Rahadian, A. H. (2019). Revitalisasi Birokrasi Melalui Transformasi Birokrasi Menuju E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Stiami, 6(1).

Reza, I. F. (2020). Strategi Penerapan Pelayanan Publik Berbasis E-Government Di Indonesia Pada Era Revolusi Industri 4.0. Wacana Publik, 14(01), 7–12. https://doi.org/10.37295/wp.v14i01.40

Sofianto, A. (2019). Inovasi Manajemen Pemerintahan Berbasis Aplikasi Digital di Provinsi Jawa Tengah. Inovasi Kebijakan, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.21787/mp.3.2.2019.99-108

Suleman, S., & Abd Fatah, R. (2021). Optimalisasi Kualitas Pelayanan Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ternate. 7(1). https://doi.org/10.26618/kjap.v7i1.4281

Tifany, T., Panggabean, N., & Saragih, A. (2020). Implementasi Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) Melalui E-government di Era New Normal. https://www.covid19.go.id/,2

Vallentina Legi, H., M Rawis, J. A., Simanjuntak, S., & A Oentoe, F. J. (2020). Model Implementasi e-Government di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.333

Wirawan, V. (2020). Penerapan E-Government dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1). https://doi.org/10.18196/jphk.1101

Downloads

Published

2023-06-30