IMPLEMENTASI KEBIJAKAN INOVASI DAERAH DALAM PENINGKATAN KINERJA ORGANISASI
DOI:
https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i2.6666Keywords:
Implementasi, kebijakan, inovasi, kinerja organisasiAbstract
Kebijakan merupakan kegiatan yang diusulkan dalam menyelesaikan masalah demi mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang dapat melayani secara optimal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan publik merupakan keputusan pada tataran strategis yang dibuat oleh pemegang otoritas publik yakni pimpinan tertinggi dari sebuah organisasi daerah. Salah satu kebijakan yang dapat mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik salah salah satunya melalui peningkatan kreativitas organisasi, pegawai/aparat baik dari level pimpinan sampai kepada level staf demi mewujudkan pemerintahan yang cerdas, melalui peningkatan kinerja organisasi dengan mengeluarkan kebijakan inovasi. Dimana kebijakan inovasi ini merupakan kebijakan dari pemerintah pusat sampai kepada pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kinerja pemerintahan. Kota Padang juga telah mengeluarkan Peraturan Walikota Nomor 60 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Inovasi Daerah. Peraturan mengenai inovasi sebelumnya telah ada, namun masih banyak perlu penyempurnaan sejalan telah dilaksanakan peraturan sebelumnya. Namun pelaksanaan inovasi ini tentunya dibutuhkan perjuangan yang besar serta keseriusan pimpinan, pegawai serta pihak yang terkait dalam implementasi kebijakan ini. Selain itu pelaksanaan inovasi juga perlu dukungan anggaran yang memadai dalam pelaksanaan inovasi juga dukungan anggaran untuk peningkatan sumber daya manusia. Pelaksanaan inovasi daerah ini juga bertujuan meningkatkan sumber daya manusia yaitu pegawai/aparat serta meningkatkan tata kelola pemerintahan Kota Padang agar meningkatnya kinerja dan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini memberikan gambaran implementasi kebijakan inovasi daerah sudah berjalan cukup baik namun dibutuhkan keseriusan dari berbagai pihak baik dari Walikota, Sekda dan pimpinan OPD dalam mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan inovasi demi meningkatkan kinerja organisasi. Dengan hasil penelitian ini diharapkan kepada seluruh pimpinan agar dapat memberikan perhatian serius, komitmen dan menyediakan dukungan anggaran untuk dapat melaksanakan kebijakan ini agar meningkatkan kinerja oragnisasi.Downloads
References
Bagehot, W., & Inovasi, D. (n.d.). INOVASI DI SEKTOR PUBLIK Oleh : Yogi Suwarno 1. 1–19.
Dewi, N. K., & Wibawa, M. A. (2022). Pengaruh Inovasi Dan Employee Creativity Terhadap Kinerja Karyawan Pada Industri Percetakan Di Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Manajemen, 11(1), 1–20.
Hidayah, K., Kusumaningrum, M., Wismono, F. H., & Amarullah, R. (2018). Aktualisasi Budaya Inovasi Pada Organisasi Sektor Publik. Jurnal Borneo Administrator, 14(3), 249–266. https://doi.org/10.24258/jba.v14i3.402
Indrajita, I. K., Sadiartha, A. . N. G., & Mahayasa, I. G. A. (2021). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Tohpati Grafika Utama Denpasar. Widya Amrita, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1142
Kabupatenbolaang, D., & Utara, M. (n.d.). Kata Kunci: Kualitas, Sumber Daya Manusia Aparatur, Kinerja. 1–16.
Kadek, S. N. (2012). Organisasi kinerja.
Bagehot, W., & Inovasi, D. (n.d.). INOVASI DI SEKTOR PUBLIK Oleh : Yogi Suwarno 1. 1–19.
Dewi, N. K., & Wibawa, M. A. (2022). Pengaruh Inovasi Dan Employee Creativity Terhadap Kinerja Karyawan Pada Industri Percetakan Di Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Manajemen, 11(1), 1–20.
Hidayah, K., Kusumaningrum, M., Wismono, F. H., & Amarullah, R. (2018). Aktualisasi Budaya Inovasi Pada Organisasi Sektor Publik. Jurnal Borneo Administrator, 14(3), 249–266. https://doi.org/10.24258/jba.v14i3.402
Indrajita, I. K., Sadiartha, A. . N. G., & Mahayasa, I. G. A. (2021). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Tohpati Grafika Utama Denpasar. Widya Amrita, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1142
Kabupatenbolaang, D., & Utara, M. (n.d.). Kata Kunci: Kualitas, Sumber Daya Manusia Aparatur, Kinerja. 1–16.
Kadek, S. N. (2012). Organisasi kinerja.
Listiani, T. (2015). Manajemen Kinerja, Kinerja Organisasi serta Implikasinya Terhadap Kualitas Pelayanan Organisasi Sektor Publik. Jurnal Ilmu Administrasi, VIII(3), 312–321. http://jia.stialanbandung.ac.id/index.php/jia/article/viewFile/293/268
Nawawi, H. H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press.
Rushananto. (2014). Kebijakan Publik. Kebijakan Publik, 1993, 15.
sahya anggara. (2014). Kebijakan Publik. CV. Pustaka Setia.
Saputra, T., Marlinda, P., & Sufi, W. (2018). Implementasi Kebijakan Inovasi Pelayanan Publik Di Puskesmas Jaya Mukti Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat. Jurnal Niara, 11(2), 177–184. https://doi.org/10.31849/nia.v11i2.2135
Sayd, G. A., Gana, F., & Kase, P. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kinerja pegawai kantor pertanahan di Kabupaten Rote Ndao. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 29(2), 57. https://doi.org/10.20473/mkp.v29i22016.57-63
Sugiyono. (2001). Metode Penelitian. CV. Alfa Beta.
Technology, D., & Organizations, B. (2020). the Role of Leadership Style in Employees ’ Innovative Work Behavior in. 7(April), 48–63.