STRATEGI SUMBER DAYA APARATUR PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PENGEMBANGAN PARIWISATA DESA CINTARATU KABUPATEN PANGANDARAN

Authors

  • Regan Vaughan Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Soma Gantika Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i2.8649

Keywords:

Pemerintah Desa, Pariwisata, Desa Cintaratu.

Abstract

Strategi sumber daya manusia pemerintah desa dalam meningkatkan pengembangan pariwisata Desa Cintaratu Kabupaten Pangandaran masih belum optimal dalam Meningkatkan Pengembangan Pariwisata Desa Cintaratu Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat dan strategi aparatur pemerintah desa dalam meningkatkan pengembangan pariwisata Desa Cintaratu Kabupaten Pangandaran. Metode yang di gunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dengan cara penelitian observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan atraksi wisata terkait prasarana dapat diketahui bahwa prasarana dalam menunjang meningkatkan pengembangan pariwisata Desa Cintaratu Kabupaten Pangandaran sudah cukup memadai, walaupun masih terdapat beberapa fasilitas yang perlu dilengkapi. Fasilitas destinasi fasilitas yang ada di Desa Cintaratu belum memadai, karena masih kurangnya tempat penginapan untuk para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata tersebut. Akses destinasi Pemerintah Desa Cintaratu sedang melakukan pelebaran jalan dan setelah itu akan melakukan perbaikan jalan agar tidak adanya jalan berlubang menuju tempat lokasi wisata Desa Cintaratu. Hasil dari analisis data penelitian dapat di simpulkan bahwa Faktor penghambat dalam meningkatkan pengembangan pariwisata di desa faktor penghambat dalam meningkatkan pengembangan pariwisata di Desa Cintaratu Kabupaten Pangandaran yaitu tidak adanya dana desa untuk meningkatkan pengembangan pariwisata Desa Cintaratu Kabupaten Pangandaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Dr. Harbani Pasolong, M.Si., 2019, Teori Administrasi Publik, Cet. IX, Bandung : Alfabeta

I Ketut Suwena, I gusti Ngurah Widyatmaja, 2017, Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata, Denpasar Bali : Pustaka Larasan

Mamik, M. (2014). Metodologi Kualitatif. Zifatama PUBLISHER.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Media Sahabat Cendekia.

Saleh, S. (2017). Analisis data kualitatif.

Sugiyono, 2019 “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dn R&D”, Edisi , Cet.19, Bandung : ALFABETA

Artikel/Penelitian

Agustin, A. (2018). Strategi Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Desa Wisata (Studi Pada Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Barlian, E. (2018). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif.

Chikmawati, Z. (2019). Peran BUMDes dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi pedesaan melalui penguatan sumber daya manusia. Jurnal Istiqro, 5(1), 101-113.

Damayanti, E., Soeaidy, M. S., & Ribawanto, H. (2014). Strategi capacity building pemerintah desa dalam pengembangan potensi kampoeng ekowisata berbasis masyarakat lokal (studi di Kampoeng Ekowisata, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik, 2(3), 464-470.

Setyoko, J., & Ristarnado, R. (2021). Strategi Pemerintahan Desa Tanjung Alam Kecamatan Jangkat Timur Kabupaten Merangin Dalam Mengembangkan Wisata Telaga Biru. Jurnal Politik dan Pemerintahan Daerah, 3(1), 1-17.

Wahyuni, W. (2018). Strategi Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Desa Massamaturu Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Internet

Jejaring Desa Wisata https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/cintaratu. Diakses pada 28 Juni 2022.

Peran Administrasi Publik Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi http://www.ilmuadmpublik.com/2018/12/peran-administrasi-publik-dalam.html. Diakses pada 28 Juni 2022.

Website Resmi Pemerintah Desa Cintaratu Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran https://cintaratu.desa.id/potensi-desa/ Diakses pada 28 Juni 2022.

Downloads

Published

2023-06-30