KONTEN TIKTOK DAN MINAT BELI PRODUK PAKAIAN LOKAL TENNUEDEATTIRE
DOI:
https://doi.org/10.23969/linimasa.v8i2.23372Keywords:
TikTok Content, Elaboration Likelihood Model, Tennue De Attire, Purchase InterestAbstract
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten TikTok @tennuedeattire terhadap minat beli. Untuk mengetahui pesan yang bergantung pada rute sentral dan rute peripheral, penelitian ini menerapkan teori Elaboration Likelihood Model. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan menggunakan analisis jalur. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 310 responden yang dihitung menggunakan rumus Taro Yamane dan perhitungan sampel simple random samping. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner kepada pengikut akun TikTok @tennuedeattire. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Elaboration Likelihood Model pada konten TikTok @tennuedeattire berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli produk pakaian. Dalam penelitian ini, seluruh hipotesis yang ada berpengaruh sehingga semua hipotesis diterima.Downloads
References
Arisetiana, E., T Simamora, P. R., & Perwirawati, E. (2023). Peranan Komunikasi Persuasif Dalam Strategi Marketing Perumahan Harmoni Asri. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 8(1), 1. https://doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.3136
Arwanda, D. (2020). Konten TikTok Sebuah Adiksi atau Atensi. https://kumparan.com/destyaarwanda/konten-tiktok-sebuah-adiksi-atau-atensi-1usEOKx1fYx
Azwar, S. (2015). Sikap Mansuai; Teori dan Pengukurannya (2nd ed.).
Cindy Mutia Annur. (2023). Pengguna TikTok di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia per April 2023, Nyaris Salip AS? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as
Dahmiri, D., & Bhayangkari, S. K. W. (2022). Pengaruh Promosi Visual, Fasilitas Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Candi Muaro Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(04), 1069–1079. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i04.21858
Hidayah, F. N. (2023). Merek Fesyen Lokal yang Jadi Favorit Masyarakat Indonesia Versi Goodstats. Merek Fesyen Lokal yang Jadi Favorit Masyarakat Indonesia Versi Goodstats
matamaya. (2023). Content Analysis: 6 Hal Menarik dari TikTok Tenue de Attire. https://matamaya.id/article/strategi-konten-media-sosial/content-analysis-6-hal-menarik-dari-tiktok-tenue-de-attire
Perbawaningsih, Y. (2012). Menyoal Elaboration Likelihood Model (ELM) dan Teori Retorika. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 9(1), 1–17. https://doi.org/10.24002/jik.v9i1.50
Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). The elaboration likelihood model of persuasion. Advances in Experimental Social Psychology, 19(C), 123–205. https://doi.org/10.1016/S0065-2601(08)60214-2
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rahmania, K. N., Ernawati, S., & Badar, M. (2024). Pengaruh Sikap dan Motivasi Pada Minat Beli di Tiktok Shop. ECo-Fin, 6(2), 331–340. https://doi.org/10.32877/ef.v6i2.1413
Stephen W. Littlejohn, K. A. F. (2009). Theories of Human Communication (9th ed.).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD.
Wonok, P. G., & Loindong, S. (2020). Pengaruh Minat Transaksional, Refrensial, Dan Prefensial Terhadap Minat Mereferensikan Produk. Jurnal EMBA, 6(4), 2110.