KETERBACAAN TEKS PADA BUKU BAHASA INDONESIA KELAS VIII DENGAN FORMULASI GRAFIK RAYGOR

Authors

  • Sri Maryani Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v15i1.19014

Keywords:

Analisis, Keterbacaan Teks, Buku Pelajaran SMP.

Abstract

Keterbacaan buku teks merupakan faktor krusial yang mempengaruhi pemahaman siswa
terhadap materi pelajaran. Studi-studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa banyak
buku teks yang digunakan di sekolah menengah pertama (SMP) memiliki tingkat
keterbacaan yang tidak sesuai dengan kemampuan siswa. Permasalahan ini dapat
menghambat proses belajar siswa dan berdampak pada prestasi akademik mereka
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keterbacaan teks menggunakan grafik
Raygor. Penelitian ini berupaya untuk memeriksa bahan ajar yang digunakan guru di
sekolah agar keterbacaan teks pada buku teks yang digunakan sesuai untuk tingkat
sekolah menengah pertama. Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis. Beberapa
tahapan prosesnya antara lain (1) pengumpulan data, (2) mendeskripsikan data, (3)
menganalisis data, dan (4) menyimpulkan. Teknik penelitian yang digunakan adalah
observasi lapangan dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan grafik
Raygor terhadap 11 teks yang dijelaskan menunjukkan bahwa data grafik perpotongan
kelas 12 mempunyai satu teks (teks 10), grafik titik potong kelas 13 mempunyai 1 teks
(teks 8), dan sisanya berada di kelas 14 sebanyak 9 teks (teks 1, teks 2, teks 3, teks 4, teks
5, teks 6, teks 7, teks 9, dan teks 11). Hasil tersebut menunjukkan bahwa analisis tingkat
keterbacaan teks menggunakan formula Raygor pada buku teks bahasa Indonesia di SMP
Kota Tasikmalaya mempunyai tingkat keterbacaan belum sesuai kelasnya. Oleh karena
itu, perbaikan atau penyederhanaan pada buku teks kelas VIII tingkat sekolah menengah
perlu dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah S, AS, Susilo, S., & Mulawarman, WG (2022). Analisis Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas VIII SMP. Diglossia: Jurnal Studi Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 5(3), 707–714. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i3.433

Amir, J., & Shafariana, dan. (2022). Keterbacaan Artikel Dan Teks Buku Editorial Untuk Siswa Sma/Ma/Smk/Mak Kelas Xii Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Grafis Fry Dan Raygor) (Vol. 7).

Anih, E., Pd, M., Nurhasanah, N., Stkip Subang, D., Kelas, G., Cijerah, S., Bandung, K., & Id, NC (2016). ISSN : 2477¬5673 SKB Subang Jilid I Nomor 2. Dalam Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Asep Hidayatullah, Mulyani, S., & Munir, S. (2022). Validitas Aspek Linguistik dan Keterbacaan dalam Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia MKWU Berbasis Kearifan Lokal. GERAM, 10(1), 134–140. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(1).9649

Asnawi, A., Wahyuni, S., Zulaeha, I., & Rasdana, O. (2019). Pengembangan Materi Teks Anekdot Bergambar Sebagai Alternatif Pembelajaran Bahasa. Konferensi Internasional tentang Pendidikan, Bahasa, dan Masyarakat.

Chall, JS & Dale, E. (1995). Keterbacaan ditinjau kembali: rumus keterbacaan Dale-Chall yang baru. Cambridge, Massachusetts: Buku Brookline.

Choirul Imam, M., & Laksono, K. (2018). Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Review Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Dimitrij, M., Pavita, A., & Subiyanto, A. (2021). Analisis Keterbacaan Novel Crazy Rich Asians “Kaya Tujuh Turrunan” karya Kevin Kwan. ANUVA, 5(2), 263–273.

Fauzi, A., & Zakiah, S. (2023). Keterbacaan Teks Buku Pelajaran Mempengaruhi Minat Baca Siswa Madrasah Tsanawiyah. Rausyan Fikr, 19(1).

Febriana, I., Nadira Wulandari, A., & Sari, Y. (2022). Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Keterbacaan Buku Ajar Kurikulum Independen Indonesia Kelas 7 Bergrafis Fry.

Ginanjar, AA (nd). Analisis Tingkat Keterbacaan Teks Pada Buku Teks Bahasa Indonesia.

Harjasujana, AS & Mulyati, Y. (1997). Bacaan 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Harjasujana, AS dkk. (1999). Membaca. Jakarta: Karunika: UT.

Hendrawanto, Y., Semarang, PN, & Sejarah, A. (2023). TINGKAT Bacaan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum Mandiri Kelas X Sma/Smk. BIP: Jurnal Prima Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.34012/bip.v4i1.2708

Heryadi, D. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Maruti, ES, & Kurniawati, Rp (2018). Analisis Keterbacaan Buku Pelajaran Bahasa Jawa Kelas Iv Di Sd Perumahan Madiun. http://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra

Mashar, Aly, & Aji, Bintang (2020). Analisis Tingkat Keterbacaan Buku Tematik Siswa Kelas Bawah Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2017-2018. eL Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 49-61, ISSN 2656-7121, Institut Agama Islam Tribakti Kediri, https://doi.org/10.33367/jiee.v2i2.1223

Mhb, RJ, & Mukhlis, M. (nd). Buku Ajar Keterampilan Bahasa Indonesia Abad 21 Kelas X yang Diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam Bahasa dan Sastra (Vol. 9, Edisi 1). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma

Mukhlis, M., Asnawi, A., & Rasdana, O. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks Ekspositori Berdasarkan Pokok Ajar Bahasa Melayu. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 97–102.

Nida, F. (2022). Keterbacaan Teks Dalam Artikel Berita Pencari. 7(2). https://doi.org/10.31604/linguistik.v7ii

Pebriana, PH (2021). Saya menggunakan grafik goreng untuk menganalisis keterbacaan buku pelajaran siswa kelas empat pada suatu tema. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 28-35.

Pujiastutia, I., Lestarib, D., Universitas, A., Raja, M., Tanjungpinang, AH, & Riau, K. (nd). Tingkat Keterbacaan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Sma Pertama Dengan Grafis Fry Dan Raygor Inventarisasi Fonem Alune dan Sebarannya Dalam Kata.

Rohim, IS (2022). Keterbacaan buku teks Keterbacaan buku teks bahasa Sunda Rancagé yang diajarkan pada Kelas X SMA/SMK/MAK. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 10(1), 89–94. https://doi.org/10.15294/piwulang.v10i1.53323

Rosita, I., & Sulistyani, A. (2022). Analisis Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Zaytun. SALAM: Jurnal Syar-i Sosial Budaya, 9(1), 177–200. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i1.24549

Sugiyanta, S., Kartika, T., Utaridah, N., & Sarwoko, S. (2022). Literasi Buku Ajar untuk Meningkatkan Pemahaman Multikultural Siswa. Media Komunikasi FPIPS, 21(2), 221–230. https://doi.org/10.23887/mkfis.v21i2.44285

Suherli. (2008). Keterbacaan Buku Pelajaran. [online] tersedia: http://suherlicentre.blogspot.co.id/20 08/07/keterbacaan-buku-tekspelajaran.html. [Agustus 2015].

Supriadi, D. (2000). Anatomi Buku Sekolah di Indonesia. Adi Cita: Yogyakarta.

Utami, SD, Dewi, IN, & Efendi, I. (2021). Tingkat Keterbacaan Bahan Ajar Pembelajaran Fleksibel Berbasis Kolaboratif Ilmiah . Ahli biologi: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 577. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4246

Wibowo, SF (2015). Analisis Tingkat Keterbacaan Teks Pada Buku Pengetahuan Wahana Bahasa Indonesia Untuk Kelas Vii Smp/Mts Berdasarkan Analisis Teknik Klos. Sirok Bastra, 3(1), 37-44.

Yasinta, IN, Saleh, M., & Usman, U. (2021). Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia: Analisis Faktor Gender. Nuansa Bahasa Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.51817/nila.v1i2.56

Yazidi, A., Harapan, S., Bogor, K., & Anggraeni, R. (nd). Keterbacaan Buku Ajar Bahasa Indonesia Di Smp (Kesadaran Buku Teks Bahasa Indonesia Di Smp) Lilis Selestyawati.

Zaim, M. (2018). Kebacaan Teks Non Sastra Pada Buku Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Menggunakan Formula Fry. 11(1). (IJCBPL), 9(4), 32-44. http://dx.doi.org/10.4018/IJCBPL.2019100103

Szuchman, LT, & Thomlison, B. (2010). Menulis dengan gaya: Gaya APA untuk pekerjaan sosial. Pembelajaran Cengage.

Downloads

Published

2025-01-31