OPTIMALISASI PENULISAN CERPEN BERBASIS DIKSI DENGAN TEMA PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE KUNJUNG KARYA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI FASE F

Authors

  • Panca Pertiwi Hidayati Universitas Pasundan
  • Renalianti Dastiani Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v15i2.24264

Keywords:

berpikir kreatif, cerpen, diksi, kunjung karya, Profil Pelajar Pancasila, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis cerpen, khususnya dalam pemilihan diksi yang tepat dan mencerminkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan model Project Based Learning dengan metode Kunjung Karya dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen berbasis diksi serta dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik di fase F. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan campuran. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI Kuliner sebagai kelas eksperimen dan XI ULP sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 86,88, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 83,75. Uji normalitas menunjukkan data kelas eksperimen berdistribusi normal karena 0.140 > 0.05. Selanjutnya Uji homogenitas menunjukkan data 0.471< 0.05 artinya data homogen. Lalu dilakukan uji paired samples t-test menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen yaitu 0.028 < 0.05. Namun, pada hasil independent samples t-test menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan secara statistik antara kelas eksperimen dan kontrol 0.201 > 0.05. Meskipun demikian, selisih rata-rata 1.225 poin di kelas eksperimen menunjukkan bahwa penerapan PJBL dengan metode kunjung karya berkontribusi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan penggunaan diksi peserta didik dalam penulisan cerpen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2442–9511. Https://Doi.Org/10.36312/Jime.V8i3.3800/Http

Andayani, S. (2022). Penulisan Kreatif Dalam Menulis Cerpen Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Triguna Jakarta. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 7(1), 37. Https://Doi.Org/10.17977/Um007v7i12023p37-48

Syukur, L. O. O., Ibrahim, I., Sahidin, L. O., Sofyan, N. I., & Alias, N. (2022). Pengembangan Penulisan Cerpen Berbasis Cerita Rakyat pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Univeristas Halu Oleo. Kandai, 18(2), 318. Https://Doi.Org/10.26499/Jk.V18i2.4549

Utami, S. E., Tiwana, E., Alfauzi, E., & Maharani, I. (2023). Analisis Kemampuan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMK Alwashliyah Pasar Senen Medan. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 1–11.

Downloads

Published

2025-07-01