SUATU PERBANDINGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA DAN NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA

Penulis

  • Nur Haliza Fitri Universitas Jambi
  • Yundi fitrah Universitas Jambi
  • Irma Suryani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6548

Kata Kunci:

Character Values, Orang-Orang Biasa, Guru Aini Karya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan nilai-nilai nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Orang-Orang Biasa karya, dan Guru Aini Biasa karya Andrea Hirata. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini  bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskripif. Hasil penelitian menujukan pendidikan karakter dalam novel orang-orang biasa dan novel guru aini karya andrea hirata mencakup nilai religius, jujur, toleran, displin, kerja keras, mandiri demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab. Sedangkan persamaan dari kedua novel dilihat dari aspek atau nilai yang ditemukan serta penggambaran dari aspek yang ditemukan. Aspek nilai pendidikan karakter tersebut, meliputi: nilai religius, jujur, displin, kerja keras, mandiri, cinta tanah air, cinta damai, peduli sosial dan tanggungjawab. Adapun yang menjadi perbedaan nilai pendidikan karakter yakni beberapa aspek atau nilai pendidikan karakter yang ada di novel Orang-Orang Biasa hanya ditemukan 9 aspek sedangkan pada novel Guru Aini ditemukan 16 aspek.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus, Yulianto. Iis Nuryati, A. M. (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, 1(1).

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102

Hirata, A. (2020a). Guru Aini. In Bentang Pustaka Hirata,Andrea,2020.

Hirata, A. (2020b). Orang-Orang Biasa. In PT bentang pustaka.

Ihsan Abraham. (2017). Struktur Kepribadian Tokoh dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davanor. KEMBARA Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 55–63.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Nuristifah, H. (2021). Aspek Sosiologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata. Konferensi Ilmiah Pendidikan.

Nyoman. (2018). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Metode Penelitian Bahasa, 14, 1–123.

Putria Yanti, Z. (2022). Apresiasi Prosa Teori dan Aplikasi. In Kota Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Ramdhani, M. A. (2018). Wage Policy and Wage Determination in 1983. Journal of Industrial Relations, 8(1), 112–119. https://doi.org/10.1177/002218568402600108

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta (p. 2010).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. In Bandung: CV Alfabeta.

Suriani, E. (2016). Konsep Pendidikan Karakter Dan Moral Dalam Islam. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 15(2), 171–182.

Sutiyani, F., Adi, T. T., & Meilanie, R. S. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2201–2210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1133

Yuwinarti, L. L. (2022). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata Melalui Pendekatan Hermeneutika Dan Pemanfaatannya Sebagai Modul Pembelajaran Membaca Fiksi Di Kelas XI SMA. In IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-01