PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PROYEK DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP

Penulis

  • Nuraini Detia Putri Universitas Jambi
  • Herman Budiyono Universitas Jambi
  • Irma Suryani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6667

Kata Kunci:

Learning Tools, Short Stories, Higher Order Thinking Skills

Abstrak

Proses pembelajaran tidak terlepas dari perangkat pembelajaran yaitu sarana yang membantu pembelajaran yang memuat RPP dan menjabarkan secara detail keterampilan yang akan diperoleh siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk menyediakan perangkat pembelajaran menulis cerpen berbasis proyek dan berpikir tingkat tinggi yang layak dan efektif. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan, yang mengacu pada model ADDIE. Subjek penelitian ini ialah guru Bahasa Indonesia, dan siswa SMP Negeri Satu Atap 4 Tungkal Ulu. Hasil penelitian menunjukan pengembangan perangkat pembelajaran materi menulis cerpen berbasis proyek dan berpikir tingkat tinggi dinyatakan valid, praktis dengan rata-rata nilai 84, 58%. Penggunaan perangkat pembelajaran menulis cerpen berbasis proyek dan berpikir tingkat tinggi dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202.

Alkarima, O. (2022). ANALYZING HIGHER-ORDER THINKING SKILLS IN INDONESIAN LANGUAGE TEXTBOOKS FOR EIGHTH GRADE PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP KELAS VIII. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(1), 55–67.

Anasy, Z. (2016). Hots (Higher Order Thinking Skill) in Reading Exercise. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 3(1), 51–63. https://doi.org/10.15408/tjems.v3i1.3886

Ayu, I., Wayan, I., & Muderawan, I. W. (2013). Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan. 3(2).

Gustia Angraini, S. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMAN Kelas X di Kota Solok pada Konten Biologi. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 1(1), 114–124.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Mahlianurrahman, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbsasis Kurikulum 2013. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.625

Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13886

Mu’Minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi Stem Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(2012), 1496. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/219

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 pasal 2 ayat 7 dan 8 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan Research & Development. In Bandung: Alfabeta.

Sulianto, J., Cintang, N., & Azizah, M. (2018). Analisis Korelasi dan Regresi Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kota Semarang. Mengembangkan Kompetensi Pendidik Dalam Menghadapai Era Disrupsi, 2009, 237.

Suprihatinigsih, A., Rachman, M., & Suhandini, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Sosiologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar Terhadap Ketrampilan Memecahkan Masalah Siswa-Siswa SMA N 1 Mranggen. Journal of Educational Social Studies, 1(2), 11–23.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). In Jakarta: Bumi Aksara (pp. 1–16).

Yunarsih. (2022). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI ERA KOMUNIKASI DIGITAL. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-01