ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN ALAT EVALUASI BERBASIS DIGITAL

Penulis

  • Aries Setia Nugraha Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.7112

Abstrak

Globalisasi dan kemajuan teknologi turut menjadikan pembelajaran dan penilian mengikuti arus moderenisasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan alternatif untuk menjadikan penilaian sebagai sesuatu yang menyenangkan dan bermakna. Hal ini berkenaan dengan kemampuan mahasiswa dalam mengakses dan menggunakan aplikasi digital untuk berbagai kebutuhan. Penelitian ini diarahkan pada analisis kemampuan Mahasiswa calon guru dalam Pemilihan Platform, Kemudahan Akses Platform, Kalimat Butir Soal, Kesesuai KKO dengan butir soal, Kesesuai KKO dengan butir soal, Kesesuaian Butir Soal dengan Tujuan Pembelajaran. Dai hasil penugasan pada matakuliah  Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia didapatkan bahwa platform digital yang di gunakan adalah googleform, nearpod, quizis, kohoots, dsb.  Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi digital yang cocok untuk mengukur kemampuan peserta didik, Mahasiswa sudah mampu memilih platform digital yang mudah dakses peserta didik dan bisa digunakan dengan prangkat yang pasti dimiliki sisiwa pada era kekinian. Mahasiswa telah mampu menyusun kalimat sesuai kaidah kebahasaan, namun masih memiliki kekurangan dalam segi usur konten informasi dalam butir soal. Mahasiswa masih lemah dalam mengembangkan indkator dan memilih KKO secara beragam sehingga pengukuran kemampuan berpikir tingkat tingg kurang terasah, dan terkesan kurang komprehensip. Sehingga masih terbuka peluang untuk dilakukan kajian peningkatan kemampuan mahasiswa calon guru dalam mengembangkan indicator. Bahkan melihat perkembangan saat ini penelitian ini bisa menjadi landasan dilakukan kajian tentang Penilaian pada kurikulum merdeka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mauliandri, R., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Kesesuaian alat evaluasi dengan indikator

Supardi, D. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sesana, (2020). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Google Form dalam Pelaksanaan Pat Berbasis Online di SMKN 1 TEMBUKU: Widyadewata

Setiawan, Daryanto. (2017). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact of Information Technology Development and Communication on. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.1155/2015/146250

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-30