PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA BERBASIS ICT DI LAB. SCHOOL SMP UNISMUH MAKASSAR

Authors

  • Maria Ulviani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Siti Tahir University of Muhammadiyah Makassar
  • Akram Budiman University of Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7127

Keywords:

Training, Learning Media, Literature and VDSC.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Guru-guru terkait pembuatan media sastra berbasis ICT menggunakan VSDS dan PPT di Lab. School Universitas Muhammadiyah Makassar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu: ceramah bertujuan untuk menyampaikan rangkaian teori dan prosedur pembuatan bahan ajar kesastraan dengan baik dan efektif melalui Microteaching, selanjutnya metode diskusi dan tanya jawab digunakan untuk memudahkan instruktur atau pelaksana untuk menentukan strategi yang diterapkan dalam pembimbingan. Kemudian metode praktik dan penugasan, digunakan untuk memberikan latihan kepada peserta workshop dalam menyusunan media pembelajaran berbasis ICT. Proses pembuatan media pembelajaran berbasis ICT adalah menyiapkan perangkat laptop atau PC yang lengkap dengan jaringan internet, kemudin menyiapkan buku panduan yang dapat digunakan oleh guru dalam menjalankan aplikasi pembuatan media berbasis ICT menggunakan VSDC dan PPT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran TIK merupakan proses pembelajaran yang memakai komputer dan multimedia. Kemudian metode tersebut dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan guru tentang prosedur pengembangan pembelajaran berbasis TIK. Melalui media ini guru akan terbantu menjelaskan cara membaca puisi yang baik sesuai yang ditampakkan oleh media audio-visual yang terkait dengan pembelajaran sastra yang terbatas pada penghafalan teori dan teks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Agus, M., Rimang, S. S., & Badji, I. R. (2021). Permainan Bahasa (Media Pembelajaran Bahasa Indonesia). Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Alwi, A., Sarbini, M., & Kohar, A. (2022). Peran Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smk Bina Sejahtera 4 Kota Bogor. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(02), 245-260. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2189.

Anggraeni, R. D., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96-101. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p096.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson.

Danim, S. (2020). Implementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Sma Negeri 10 Bengkulu Selatan. Manajer Pendidikan, 14(3), 72-83. file:///C:/Users/HP/Downloads/12909-Article%20Text-33008-37888-10-20210308.pdf.

Dewi, S. U. S. (2015). Pengaruh metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelas awal sekolah dasar. Modeling: jurnal program studi PGMI, 2(1), 1-13. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/43.

Harti, L., Mana, L. H. A., & Ahadiat, E. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Sastra Berbasis Konteks Lingkungan di Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 13(2), 164-176. https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.10019.

Haryati, S., & Sukarno, S. (2021). Inovasi pembelajaran daring di era pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(2), 479-485.

Hendriana, R., & Herman, H. (2021). Desain Pembelajaran Sastra Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat Dan Konsep Maja Labo Dahu) Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2). http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i2.2002.

Kamaria, K., Budiyono, H., & Kusmana, A. (2023). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DI SMK. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(1), 1-9. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6525.

Kamsina, K. (2020). Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Ilmu Teknologi Dan Masyarakat. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(2). http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v9i2.7103.

Karno, E. (2019). Mutu Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran. UHO EduPress.

Lafendry, F. (2022). Implementasi Ict Dalam Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(1), 37-49. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i1.316.

Lubis, N. H. M. (2023). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENGONTRUKSI KARYA ILMIAH DI SMA. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(1), 120-129. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6806.

Marpaung, J. N., & Cendana, W. (2020). Keterampilan menjelaskan guru untuk membangun minat keterlibatan siswa dalam pembelajaran online. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1245-1252. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.241.

Mualim, I. (2020). Sistem pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan (e-education). Sienna, 1(2), 80-87. https://doi.org/10.47637/sienna.v1i2.351.

Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1975-1805. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/655.

Mumin, U. A. (2019). The Role of Information Technology in Education World (Peran Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan; E-education). Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 2(1), 104-119. https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i1.29.

Nurhalizah, S. (2022). Tantangan Pembelajaran Abad 21 Bagi Pendidik. https://doi.org/10.31219/osf.io/znh8k.

Prianggita, V. A., & Meliyawati, M. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 147-154. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022.

Purba, F. J., Subakti, H., Muntu, D. L., Simarmata, J., Avicenna, A., Harianja, J. K., ... & Walukow, D. S. (2022). Strategi-Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Riyanti, A., & Setyami, I. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Sastra Bagi Guru Bahasa Indonesia. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 10(2), 106-111. DOI: 10.26858/ retorika. v10i2.4881.

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104-112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348.

Saskia, I., Sahlan, & Konisi, L.Y. (2020). Kendala Pembelajaran Sastra Bagi Guru Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 43 Konawe Selatan. Jurnal BASTRA: BAHASA DAN SASTRA. 5(2), 321-333. http://dx.doi.org/10.36709/jb.v5i3.13220.

Siregar, R. A. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. LPP yayasan pendidikan cendekia muslim.

Susanty, S. (2020). Inovasi pembelajaran daring dalam merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157-166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289

Susilo, A. A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79-93. file:///C:/Users/HP/Downloads/649-2109-1-PB.pdf.

Unismuh.ac.id, (2022) Tim Dosen Unismuh Gelar Pengabdian Masyarakat, Gambaran Model pembelajaran Berbasis ICT. [daring] Tersedia di https://news.unismuh.ac.id/2022/01/11/tim-dosen-unismuh-gelar-pengabdian-masyarakat-gambaran-model-pembelajaran-berbasis-ict/. Di Akses januari 2023.

Wibowo, A. N., Supandi, A., Andri, A., & Widiyarto, S. (2020). Pemanfaatan Pembelajaran ICT Dalam Optimalisasi Proses Belajar Mengajar Guru SMP. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 228-230. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.2148.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224. http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707.

Widyastuti, A., Subakti, H., Gaol, R. L., Sinaga, R., Sari, H., Al Haddar, G., ... & Simarmata, E. J. (2022). Media dan Sumber Belajar. Yayasan Kita Menulis.

Ya’cub, M., & Ga’a, D. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 60-69. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i2.67

Downloads

Published

2023-07-01