KESANTUNAN BERBAHASA SISWA DAN GURU PADA DISKUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA : DALAM PERSPEKTIF TEORI ROBIN LAKOFF

Penulis

  • Ella Novitasari Universitas Jambi
  • Urip Sulistiyo Universitas Jambi
  • Rustam Rustam Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7478

Kata Kunci:

Kesantunan Berbahasa, Siswa, Diskusi Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kaidah-kaidah kesantunan berbahasa siswa pada diskusi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah berdasarkan teori Robin Lakoff yang meliputi tiga kaidah, yaitu kaidah formalitas, kaidah ketidaktegasan atau pilihan, serta kaidah persamaan dan kesekawanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data rekaman yang telah penulis lakukan, ditemukan data tuturan guru dengan kaidah formalitas sebanyak 41 tuturan. 21 tuturan yang mematuhi dan 20 tuturan yang melanggar kaidah formalitas, sedangkan tuturan siswa ditemukan sebanyak 121 tuturan. 54 tuturan siswa yang mematuhi dan 67 tuturan yang melanggar kaidah formalitas. Kaidah pilihan dan kaidah persamaan tidak ditemukan data pada tuturan guru. Pada tuturan siswa ditemukan sebanyak 24 tuturan dengan kaidah pilihan. Sebanyak 3 tuturan yang mematuhi dan 21 tuturan yang melanggar kaidah pilihan. Selanjutnya, ditemukan data sebanyak 22 tuturan yang berkaitan dengan kaidah  persamaan. Sebantak 12 tuturan yang mematuhi dan 10 tuturan yang melanggar kaidah persamaan.    

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akhmad, S. (2020). Kesantunan Bahasa Dalam Studi Linguistik Pragmatik. Jurnal Bahasa, 4(1), 88–100.

Anggalia, A., & Karmila, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Muca (Moving Mouth Puppet ) Pada Kelompok a Tk Kemala Bhayangkari 01 Semarang. Paudia, 3(2), 133–159.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. In Jakarta: Rineka cipta.

Assapari, M. M. (2014). Eksistensi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional dan Perkembangannya di Era Globalisasi. Jurnal Prasi, 9(35), 29–37.

Chaer, A. 2010. (2010). Kesantunan Berbahasa. In Jakarta : Rineka Cipta.

Gusnayetti, G. (2021). Sikap Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Ensiklopedia Sosial Review, 3(2), 204–211.

Hal, F., Kurniadi, F., Hilaliyah, H., & Hapsari, S. N. (2018). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Kesantunan Berbahasa Bahasa Indonesia mempunyai dua. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–7.

Halawa, N., Gani, E., & R, S. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Tindak Tutur Melarang Dan Mengkritik Pada Tujuh Etnis. Lingua, 15(2), 195–205.

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204.

Kartika, K. (2019). STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Belajar Bahasa, 3(2).

Lakoff, R. (1973). Language and society: Language and Women’s place. In Cambridge University Press.

Mislikhah, S. (2014). Kesantunan Berbahasa. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 1(2), 285. https://doi.org/10.20859/jar.v1i2.18

Osman, W. R. H. M., & Wahab, H. A. (2018). Kesantunan berbahasa kaunselor pelatih dalam Sesi Kaunseling. GEMA Online Journal of Language Studies, 18(1), 252–269. https://doi.org/10.17576/gema-2018-1801-15

Refiek, M. (2010). Refiek.pdf. In Bandung:Refika Aditama.

Rina, D. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226–245.

Sauri, S. (2012). Pengembangan Strategi Pendidikan Berbahasa Santun di Sekolah. Mimbar Pendidikan, 22(1), 45–53.

Setiawan, H. (2017). Bagaimana Wujud Kesantunan Berbahasa Guru? Studi Kasus di SD Immersion Ponorogo. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2003

Tambunan, P. (2018). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah, 2(1).

Yani, T. A., & Irma, C. N. (2021). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Masa Pandemi Pada Siswa Sd Negeri 02 Pengarasan Kecamatan Bantarkawung. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 11–18.

Zuhrudin, A. (2017). Reformulasi Bahasa Santun Sebagai Upaya Melawan Kekerasan Verbal Terhadap Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 265.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-01