PENERAPAN TEKNIK STORYBOARD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULISCERITA PENDEK SISWA KELAS IX SMPIT NURUL ILMI JAMBI

Authors

  • Choirunnisa Universitas Jambi
  • Herman Budiyono Universitas Jambi
  • Ade Kusmana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7929

Keywords:

Storyboard, Student Creativity, Short Story

Abstract

Media pembelajaran Teknik Storyboard merupakan mediapembelajaran yang akan disajikan kepada siswa dan guru sebagaifasilitator dalam membimbing siswa dalam proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilanmenulis cerita pendek siswa kelas IX pada materi cerita pendek diSMPIT Nurul Ilmi Jambi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17Februari sampai 4 Maret 2023. Metode penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas (classroom action research) dengan desain yang terdiridari empat rangkaian yang dilakukan dalam satu siklus. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas IX D SMPIT Nurul Ilmi Jambi. Teknikpengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, tesmenulis cerita pendek, serta gambar. Teknik analisis data yaitu teknikanalisis data kualitatif yaitu menganalisa data dari proses pembelajarandan hasil pembelajaran. Kualitas hasil pembelajaran menulis ceritapendek pada kelas IX menggunakan gambar dengan teknikStoryboard[HP41] mengalami peningkatan. Nilai rata-rata peserta didikpada siklus I sebesar 73,76 dan pada siklus II sebesar 85,12 . Rata-ratapeningkatan nilai dari siklus I ke siklus II adalah 11,36. Hasil analisismenunjukkan bahwa media gambar dengan teknik Storyboard lebihefektif dalam meningkatkan kreativitas peserta didik dalam menuliscerita pendek dan membuat siswa lebih aktif dalam prosespembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-01