PENERAPAN METODE NATURE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII

Authors

  • Salsabella Wawa Anasya Universitas Jambi
  • Warni Warni Universitas Jambi
  • Andiopenta Purba Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8012

Keywords:

Metode Pembelajaran,Nature Learning, Menulis Puisi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta lapangan menunjukkanrendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi dan juga kurangnyakreativitas guru dalam meilih metode pembelejaran yang efektif untukmengajarkan keterampilan dalam menulis puisi pada siswa. Penelitianini bertujuan untuk melihat bagaimana keefektifan penerapan metodeNature Learning dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIIISMPN 41 Tebo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitukualitatif, subjek penelitian dilaksanakan pada satu kelas VIII SMPN 41Tebo. Hasil dari penelitian sesudah penerapan metode Nature Learningdalam pembelajaran menulis puisi sesuai data yang didapatkan dilapangan terdapat pengaruh yang signifikan, kemampuan siswa di kelasVIII A menjadi lebih baik, siswa lebih aktif, kreatif, dan inovatif.Keefektifan itu ditunjukan juga dengan hasil belajar 3 siswa predikatsangat baik, 11 siswa predikat baik, 2 lainnya predikat cukup dan ratarata nilai keseluruhan yaitu 85. Hasil penelitian ini menunjukan bahwadi penerapan metode Nature Learning dapat digunakan atau efektifdalam pembelajaran menulis puisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. In Gava Media, Jakarta.

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 1–4.

Fitriani, S., & Emidar. (2019). Ketidakefektifan kalimat dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(3), 383–392.

Fransori, A. (2017). Analisis Stilistika pada Puisi Kepada Peminta-Minta Karya Chairil Anwar. Deiksis, 9(01), 1.

Hutasuhut, S. (2010). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning ) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar. Pekbis Jurnal, 2(1), 196–207.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Meliyawanti, M., & Dewi, L. M. (2020). Pengaruh Metode the Silent Way terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Literasi, 1(1), 14–23.

Milawati, T. (2011). Peningkatan Kemampuan Anak Drama dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somatis Auidtiri Visual Intelektual (SAVI). Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 70–78.

Mirnawati. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165–177.

Mundziroh, S., Andayani, & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 2(1), 1–10.

Nasucha, Y. (2019). Metode pembelajaran dalam pendekatan pilabah teori dan implementasi pembelajaran kooperatif. Surakarta: Yua Pustaka.

Saleh, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Komplek Melalui Model Stad Pada Siswa Sma. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 95. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.14

Setiana, L. N., & Azizah, A. (2019). Penerapan Model Project Based Learning Menulis Puisi Mahasiswa Managemen Unissula. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 38.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alphabe.

Wahyu, R. (2018). Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62.

Downloads

Published

2023-07-01