STRUKTUR DAN TEKSTUR DRAMA NYI PUTRI GILANG RUKMINI KARYA YUSEF MULDIYANA SERTA PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Penulis

  • Yeni Cania Puspita Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8052

Abstrak

Banyak ragam kajian yang dapat dimanfaatkan guna membedah sebuah karya sastra, salah satunya adalah drama. Drama Nyi Putri Gilang Rukmini karya Yusef Muldiyana ini menceritakan mengenai kisah anak yang sombong dan durhaka kepada orang tuanya serta cerita dibalik terbentuknya telaga warna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur dan juga tekstur drama Nyi Putri Gilang Rukmini karya Yusef Muldiyana. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitan diketahui bahwa tema dalam drama Nyi Putri Gilang Rukmini karya Yusef Muldiyana ini bertemakan kemanusiaan dan memiliki tiga tokoh utama, yaitu Raja Prabu Suwartalaya dengan karakter penyayang, bijaksana, dan baik hati; Ratu Purbamanah dengan karakter penyayang juga penyabar; dan Nyi Putri Gilang Rukmini dengan karakternya yang manja, pemarah, dan kurang ajar. Alur dalam drama ini meliputi tiga tahapan, mulai dari eksposisi, komplikasi, dan juga resolusi. Drama Nyi Putri Gilang Rukmini berupa dialog percakapan antara raja dan ratu dengan susasana atau mood drama ini adalah penuh dengan konflik dengan anaknya yaitu Nyi Putri Gilang Rukmini. Mood yang ditampilkan pada setiap babak adalah suasana ketegangan, selain itu terdapat pula suasana gelisah, sedih, haru, kesal, khawatir dan penyesalan. Spectacle drama ini menghadirkan spectacle realis yang di mana segala unsur pementasan ditampilkan menyerupai kenyataannya, sehingga perlu menggunakan banyak properti untuk menunjang jalan cerita. Melalui struktur dan tekstur yang ditemukan pada drama Nyi Putri Gilang Rukmini karya Yusef Muldiyana ini diharapkan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sastra di kelas XI SMA. Kata Kunci: struktur, tekstur, drama, pembelajaran sastra

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dewojati, Cahyaningrum. (2010). Drama: sejarah, teori dan penerapannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Dewojati, Cahyaningrum. (2014). Drama-Drama Indonesia Kajian Multiperspektif. Yogyakarta: Aksara Indonesia.

Moelong, Lexy J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroha, A. (2018). Unsur pembangun naskah drama Gentayu Ulak dalam karya Rusmana Dewi. https://ipm2kpe.or.id/journal/index.php/KIBASP/article/view/409.Rahmanto. B. (2004). Metode pengajaran sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan pengkajian sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiyaningsih, I. (2018). Ensiklopedia bahasa dan sastra indonesia apresiasi drama. Klaten: PT Intan Pariwara.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-01