UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TEKNOLOGI PANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RADEC DI KELAS 3 SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8257Abstrak
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa di abad 21. Untuk itu guru perlu untuk mengupayakan dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran agar siswa terbiasa dan terampil untuk berpikir kritis dan memiliki kemampuan untuk berpikir kritis sehingga ia dapat menyelesaikan pemasalahan yang ada dikehidupannya. Kemampuan berpikir kritis dapat ditumbuhkan melalui model pembelajaran RADEC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis bagi siswa sekolah dasar. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi melalui lembar observasi data keterampilan berpikir siswa dari pretest dan posttest hasil pembelajaran. Subjek penelitian adalah murid kelas 3 SD . Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa Model Pembelajaran RADEC dapat meningkatkan keterampilan siswa untuk berpikir kritis, terlihat dari presentase yang meningkat pada setiap indikator berpikir kritis dengan adanya perubahan yang significan dari hasil pretest dengan hasil pos test.Unduhan
Referensi
Ai Hayati Rahayu, Wahyu Sopandi, Poppy Anggraeni, Tursinawati, Septinaningrum., (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Melalui Model Read-Answer- Discuss- Explain- and Create (RADEC) Berorientasi Masalah Jurnal Educatio Volume 7, No. 3, 2021, pp.680-686 P- ISSN 2459-9522 E-ISSN 2548-6756
Agnafia. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea Volume 6 No. 1 (45-46)
Arya Chandra Wiguna, Irma Siti Salamah, Tin Rustini, (2023) Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. DIRASAH Volume 6, Number 1, February 2023 p- ISSN ;2615-0212 I e-ISSN;2621-2838
https: //ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
Basuki Wibawa.,Mardiyah., Jarnawi Afgani., (2019)Metode Penelitian Pendidikan., Universitas Terbuka
Desi Nuzul Agnafia., (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi Florea volume 6 no. I, Mei 2019 (45-53)
Evi Susanti.,, Mohammad taufiq., Muhammad Thamrin Hidayat., Machmudah., ( 2019) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Margorejo VI Surabaya Elementary School Through Jigsaw Model Bioedusiana http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/index DOI : https//doi.org/10.34289/285232
Hamdani., M Prayitno B.A., Karyanto P., (2019) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference Vol 16 No 1 Hal 139 – 145 p- ISSN : 2528-5742
Nurnaningsih, Citra Bahadur Hanum, Wahyu Sopandi, Atep Sujana., (2023) Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Berbasis RADEC. Jurnal Basicedu Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023 halamn 872-879 http://jbasic.org/index.php/basicedu
Rahmia Tulljanah., Risda Amini., (2021) Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review Jurnal Basicedu Vol 5 No 6 Hal 5508 – 5519 http://jbasic.org/index.php/basicedu
Suparni., (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Devirat Vol 3 No 2 ISBN ; 2407 – 3792 hal 40-58
Wahyu Sopandi dkk., (2021).,Model Pembelajaran Radec: Teori & Implementasi di sekolah., UPI Press http://upipress.upi.edu I E-Mail :upipress@upi.edu
Yanti Yulianti, Hana Lestari, Ima Rahmawati (2022) Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Jurnal Cakrawala Pendas Vol.8 No 1, DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8I1.19
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.