UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TEKNOLOGI PANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RADEC DI KELAS 3 SD

Penulis

  • Leny Vitriasari UPI

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8257

Abstrak

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa di abad 21. Untuk itu guru perlu untuk mengupayakan dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran agar siswa terbiasa dan terampil untuk berpikir kritis  dan  memiliki kemampuan untuk berpikir  kritis sehingga ia dapat menyelesaikan pemasalahan yang ada dikehidupannya. Kemampuan berpikir kritis dapat ditumbuhkan melalui model pembelajaran RADEC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan keterampilan berpikir  kritis bagi siswa sekolah dasar. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data  dengan menggunakan metode  pengumpulan data observasi melalui lembar observasi data keterampilan berpikir siswa dari pretest dan posttest hasil pembelajaran.  Subjek penelitian adalah murid kelas 3 SD . Dari hasil penelitian ini menunjukan  bahwa Model Pembelajaran RADEC dapat meningkatkan keterampilan siswa untuk berpikir  kritis, terlihat dari presentase yang meningkat pada setiap indikator berpikir kritis dengan adanya perubahan yang significan dari hasil pretest dengan hasil pos test.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ai Hayati Rahayu, Wahyu Sopandi, Poppy Anggraeni, Tursinawati, Septinaningrum., (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Melalui Model Read-Answer- Discuss- Explain- and Create (RADEC) Berorientasi Masalah Jurnal Educatio Volume 7, No. 3, 2021, pp.680-686 P- ISSN 2459-9522 E-ISSN 2548-6756

Agnafia. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea Volume 6 No. 1 (45-46)

Arya Chandra Wiguna, Irma Siti Salamah, Tin Rustini, (2023) Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. DIRASAH Volume 6, Number 1, February 2023 p- ISSN ;2615-0212 I e-ISSN;2621-2838

https: //ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah

Basuki Wibawa.,Mardiyah., Jarnawi Afgani., (2019)Metode Penelitian Pendidikan., Universitas Terbuka

Desi Nuzul Agnafia., (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi Florea volume 6 no. I, Mei 2019 (45-53)

Evi Susanti.,, Mohammad taufiq., Muhammad Thamrin Hidayat., Machmudah., ( 2019) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Margorejo VI Surabaya Elementary School Through Jigsaw Model Bioedusiana http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/index DOI : https//doi.org/10.34289/285232

Hamdani., M Prayitno B.A., Karyanto P., (2019) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference Vol 16 No 1 Hal 139 – 145 p- ISSN : 2528-5742

Nurnaningsih, Citra Bahadur Hanum, Wahyu Sopandi, Atep Sujana., (2023) Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Berbasis RADEC. Jurnal Basicedu Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023 halamn 872-879 http://jbasic.org/index.php/basicedu

Rahmia Tulljanah., Risda Amini., (2021) Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review Jurnal Basicedu Vol 5 No 6 Hal 5508 – 5519 http://jbasic.org/index.php/basicedu

Suparni., (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Devirat Vol 3 No 2 ISBN ; 2407 – 3792 hal 40-58

Wahyu Sopandi dkk., (2021).,Model Pembelajaran Radec: Teori & Implementasi di sekolah., UPI Press http://upipress.upi.edu I E-Mail :upipress@upi.edu

Yanti Yulianti, Hana Lestari, Ima Rahmawati (2022) Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Jurnal Cakrawala Pendas Vol.8 No 1, DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8I1.19

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-01