PEMBELAJARAN LITERASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH

Penulis

  • Wirdania Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Riris Nurkholidah Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8281

Kata Kunci:

Pembelajaran literasi, Bahasa Indonesia, Peserta didik

Abstrak

Literasi merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki setiap peserta didik. Tulisan ini bertujuan menganalisa pembelajaran literasi mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VI MIN 12 Kota Medan. Metode kualitatif yang bersifat deskriptif dipilih dalam penelitian ini yang mengungkap data dengan teknik obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI MIN 12 Kota Medan yang berjumlah 33 orang dan 1 orang wali kelas VI.  Indepth Interview dilakukan dengan wali kelas dan peserta didik. Observasi dilaksanakan pada waktu pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran literasi mata pelajaran bahasa Indonesia diawali dengan kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, kegiatan membaca dilakukan dengan metode auditori, serta mengidentifikasi kata baru yang belum diketahui. Hambatan dalam pembelajaran literasi mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu pada aspek keterampilan membaca dan menulis dan kesulitan guru dalam menerapkan kegiatan membaca yang lama dikhawatirkan akan mengurangi waktu mata pelajaran yang lain. Upaya yang dilakukan guru guna mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, memberikan aspek penilaian dalam membaca bukan dari  seberapa cepat, akan tetapi seberapa fokus pada pemahaman kalimat serta penempatan tanda baca yang tepat, dan memberikan peluang terhadap peserta didik dalam menuangkan ide pokoknya dalam menulis, seorang guru harus pandai dalam membagi waktu belajar yang efektif agar kegiatan membaca yang dilakukan tidak menganggu waktu mata pelajaran yang lain dengan memilih metode yang sesuai. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran literasi mata pelajaran bahasa Indonesia yakni berupa bahan ajar, sumber dan strategi pembelajaran, serta penilaian.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-01