MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA TUNAGRAHITA MENGGUNAKAN METODE SAS

Authors

  • Panji Logowo Universitas Jambi
  • Herman Budiyono Universitas Jambi
  • Ade Kusmana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8658

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan metodeSAS menggunakan kartu huruf untuk meningkatkan pembelajaranmembaca dan menulis siswa tunagrahita kelas X SLBN Kota Jambi Jenispenelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas. Sumber datapenelitian ini ialah siswa penilaian unjuk kerja, dan arsip atau dokumenrencana pelaksanaan pembnelajaran dan hasil pekerjaan membaca danmenulis siswa), sedangkan data penelitian ini ialah hasil membaca danmenulis siswa permulaan kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukandengan cara teknik tes dan teknik nontes. Untuk memvalidasi datapeneliti menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yangdigunakan ialah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa penggunaan metode SAS menggunakan media kartu huruf siswatunagrahita SLBN Kota Jambi dapat meningkatkan kemampuanmembaca dan menulis. Sebanyak 7 orang siswa tunagrahita dengankemampuan kecerdasan yang berbeda tidak semuanya berhasil, karenamemang butuh proses dan waktu yang lama. Namun masih adapeningkatan pada siklusnya dan mampu mencapai nilai dengan predikatcukup. Penelitian selanjutnya dibutuhkan untuk menganalisisketidakberhasilan dalam penggunaan metode ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-01