PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK SUSU CAIR DALAM KEMASAN SIAP MINUM MEREK ULTRA MILK DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Shalsa Nur A Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Edi Nurtjahjadi, SE., M.Si

Keywords:

Product Quality, Customer Satisfaction, Repurchase Intention

Abstract

The purpose of this study to analyze the effect of product quality on repurchase intention mediated by customer satisfaction on liquid milk products in ready-to-drink packaging for the ultra milk brand in Bandung city. The findings in this study explain that the effectiveness of product quality on repurchase intention is through consumer satisfaction. This researchused approach of quantitative.The research instrument has gone through the stages of validity, reliability testing, classic assumption test, simple regression test, multiple regression test and sobel test.The instrument was used as a data collection tool respondents aged at least 18 years and over who have consumed ultra milk liquid milk in Bandung City which is the object assessed in this study. There were 150 respondents who participated in this study. The analytical tool used to test the instrument data is using SPSS software version 24 and Sobel Test. The results showed that: 1) Product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, 2) product quality has a positive and significant affects on repurchase interest, 3) customer satisfaction quality has a positive and significant effect  on repurchase interest, 4) product quality has a positive and significant effect on repurchase interest mediated by customer satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albi, M., Parlyna, R., & Hidayat, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan

Terhadap Minat Beli Ulang Pada Aplikasi Belanja Online X. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan-Jbmk, 2(3), 787-800.

Ananda, A. N., & Jamiat, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Nature Republic. eProceedings of Management, 8(2).

Anwar, R. N., & Wardani, F. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett di E-Commerce Shopee (Vol. 8). Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Nusantara:doi:10.31604/jips.v8i5.2021.1370-1379

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2).

Febrian, Ine & Hidayat Rusdi. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Sabun Pembersih Wajah Garnier (Studi Pada Konsumen Di Kota Surabaya).Http://Jurnal.Umtapsel.Ac.Id/Index.Php/Nusanta

Fuadi, M. I., Survival, & Budiantono, B. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat

Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. The 2nd Widyagama National Conference On Economics And Business,Wnceb, 140–151. Http://Publishing-Widyagama.Ac.Id/Ejournal-V2/Index.Php/Wnceb

Haqiqi, N., & Adji, W. H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Di Perkebunan Andritani Farm Kabupaten Cianjur. Jurnal Ilmiah

Jalaludin, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Bina Sejahtera Bangun Persada Serang Banten. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, Https://Doi.Org/10.37481/Jmeb.V1i2.212 1(2),

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1.

Mahemba, U. S. A. K., & Rahayu, C. W. E. (2019, December). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk

Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Studi pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu (Vol. 1, No. 2, pp. 428-439)

Marwanto at al, b. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (pada Konsumen Produk Sayuran Cv Tani Organik Merapi Pakem Sleman). Jurnal Kolaboratif Sains.

Nurhasna, F. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Dengan Keputusan Pembelian Sebagai

Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Konsumen Susu Ultra Milk Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro) (Doctoral Dissertation, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro).

Priansa, D.J. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu pada era media sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek

Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial Issue 3), 1651-1667.

Razak. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. 7.

Wijayanti, H. T., & Almaidah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap

Minat Beli Ulang D’fresco Donut Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(2), 225-238.

Yannimar, A. S. (2023). Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Susu Uht menggunakan Metode

Statistical Quality Control (Sqc) Di Pt. Greenfields Indonesia Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Susu Uht Menggunakan Metode Statistical Quality Control (Sqc) Di Pt. Greenfields Indonesia (Doctoral Dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang).

Yudarningsih, P. D., & Kawiana, I. G. P. (2022). Peran Kepuasan Konsumen Sebagai Mediasi Pada

Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(2), 458-467.

Downloads

Published

2025-07-10