PENGARUH FINTECH DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE E-COMMERCE SHOPEE DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI MEDIASI (STUDI PADA MAHASISWA PTN MALANG)
Studi Pada Mahasiswa PTN Malang
Keywords:
Fintech, Financial literacy, Consumtive BehaviorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh fintech dan financial literacy terhadap perilaku konsumtif, peran self control dalam memediasi fintech dan financial literacy terhadap perilaku konsumtif belanja online e-commerce shopee mahasiswa PTN Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis explanatory research. Data utama diperoleh melalui kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Populasi terdiri dari mahasiswa PTN Malang yang menggunakan aplikasi shopee dan jumlah pastinya tidak diketahui, sehingga sampel dihitung menggunakan rumus Malhotra dan menghasilkan 128 responden. Data yang terkumpul melalui kuesioner dianalisis menggunakan software SmartPLS 4.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel fintech berpengaruh positif dan tidak signifikan. Sedangkan financial literacy dan self control berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Fintech dan financial literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap self control. Fintech dan financial literacy berpengaruh positif fan signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui self control.Downloads
References
Abidzar, M., Indriayu, M., & Hindrayani, A. (2023). Pengaruh Dompet Digital dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Kota Surakarta. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 7(2).
Ahdiat, A. 2023. Pengunjung Shopee Makin Banyak, Bagaimana E-Commerce Lain?. https://databoks.katadata.co.id/teknologitelekomunikasi/statistik/1fac6f15645c8fb/pengunjung-shopee-makin-banyak-bagaimana-e-commerce-lain.
Ajzen, I. (2002). Behavioral Interventions Based on the Theory of Planned Behavior. Research Policy, 2011, 1-6. https://doi.org/10.1016/j.respol.2007.07.006
Alfinna, F. C., Purwidianti, W., Handayani, E., & Endratno, H. (2023). Consumptive Behavior: Are Financial literacy, Electronic Money, Lifestyle, and Self-Control Necessary?. South Asian Journal of Social Studies and Economics, 20(4), 113-123.
Anggela, Ni Luh .2024 . Kemendag Ramal Transaksi E-commerce di RI Tembus Rp533 Triliun. https://www.kemendag.go.id/berita/pojok-media/kemendag-ramal-transaksi-E-commerce-di-ri-tembus-rp533-triliun.
Basmantra, I. N., Paranegara, A. A. N. Y. V., & Candra, S. (2023, May). The Role of E-Wallet Use and Financial literacy on Consumptive Behavior in Indonesia. In International Conference on Business and Technology (pp. 346-356). Cham: Springer Nature Switzerland.
Chairiah, R., & Siregar, Q. R. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Uang Saku Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Self control Sebagai Variabel Mediasi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. SOSEK: Jurnal Sosial Dan …, 3(2), 84–98.
Chita, R. C. M., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan Antara Self-Control Dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011. Jurnal E-Biomedik (EBm), Volume 3 N, 297–302.
Dewi, L. G. K., Herawati, N. T., & Adiputra, I. M. P. (2021). Penggunaan E-money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Dimediasi Kontrol Diri. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(1), 1–19. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i1.4669
Dikria, O., & Widjaja, S. . (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 09(2), 128–139.
East, R. 1997. Consumer Behavior, Prentice Hall, U.K.
Izazi, I. M., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2020). Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dengan self control sebagai variabel mediasi (Studi pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas PGRI Madiun). Review of Accounting and Business, 1(1), 35-43.
Layaman, L., Khairunnisa, H., & Rohayati, R. (2022). Pengaruh E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Kontrol Diri Sebagai Variabel Intervening. Hawalah: Kajian Ilmu Ekonomi Syariah, 1(2), 61-73.
Lubis, L., Abdillah, & Lubis, H. K. (2020). The relationship of self-control and conformity with consumptive behavior of network computer engineering students at smk negeri 2 binjai. IJLRES-International Journal on Language, Research and Education Studies, 4(2), 2580–6785. https://doi.org/10.30575/2017/IJLRES-2020050802
Nesia, I. L. N. H., & Sartika, F. (2024). The influence of lifestyle and financial literacy on saving behavior with self-control as a moderating variable: A study on young workers. International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 5(6), 4597-4613.
Nielsen, K. S. & Hofmann, W. (2021). Memotivasi keberlanjutan memlalui moralitas: Studi catatan harian tentang hubungan antara motralitas dan keberlanjutan. Pengendalian diri dan konsumsi pakai. Jurnal Psikologi Lingkungan, 73, 101551.
Ningtyas, M. N., & Vania, A. (2022). Materialism, financial literacy, and online impulsive buying: a study on the post millennial generation in a pandemic period. Journal of Theory and Applied Management, 15(1), 1-12.
Nurfitria, A. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Konsumtif Untuk Produk Fashion Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/50126
OJK. (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (76 /POJK.07/2016). OJK. (https://www.ojk.go.id/kanal/edukasi-dan perlindungankonsumen/regulasi/peraturan.Ojk/Dokuments/Pages/POJK-tentang-PeningkatanLiterasi-dan-Inklus-Keuangan-di-
SektorJasa- Keuangan-Bagi-Konsumen-dan-atau-masyarakat/SAL-POJK Literasi dan Keuangan.
Rachman. A.2024. Wow! BI Bilang Transaksi Ecommerce RI di 2023 Capai Rp 453,75 T. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240117161550-37-506662/wow-bi-bilang-transaksi-ecommerce-ri-di-2023-capai-rp-45375-t.
Ray, M. J. K., Mashudi, & Herkulana. (2022). Pengaruh Penggunaan Fintech Mobile Payment Danaplikasi Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(9), 1331–1339. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i9.57907
Rohmah, R. A. N. (2023). The Effect Of E-Wallet, a Hedonist Lifestyle with Self control as an Intervening Variable on Consumptive Behavior. Journal of Applied Management and Business, 4(2), 105-112.
Salsabila, R., & Nio, S. R. (2019). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Hukum UBH Pengguna Shopee. Jurnal Riset Psikologi , 1(4), 1–12. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/psi/article/view/7969
Sari, M. M., Nengsih, T. A., & Syahrizal, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2018-2019. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 137–151.
Sari, M.. D., & Wiyono, G. (2021) Pengaruh literasi ekonomi dan gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(2), 275-294.
Sari, N. N., & Irmayanti, N. (2021). Hubungan self control terhadap perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 2(2), 32-41.
Shopee, Inspirasi .2022 .Kelebihan Shopee Saat Berbelanja Online.https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/kelebihan-belanja-di-shopee-dari-gratis-ongkir-hingga-ada-layanan-ekspedisi-sendiri/ .
Sudiro, P. I., & Asandimitra, N. (2022). Pengaruh Financial literacy, Uang Elektronik, Demografi, Gaya Hidup dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 160-172.
Sumarwan, U., Yuliati, L. N., & Rahardian, M. (2019) Perilaku konsumtif di era digital. IPB Press.
Syariifah, E. N., & Yuliana, I. (2023). Literasi keuangan dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif melalui rasionalitas pada mahasiswa Manajemen UIN Malang. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 12(2), 202-211.
Udayanthi, N. O., Herawati, N. T., & Julianto, I. P. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Kualitas Pembelajaran dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 9(2), 195–208.
Vankatesh, Viswanath dan Davis. 2000. A model of the Antecedents of Perceived Ease of Use: Development and Test. Management Science. Vol. 46 No. 2. Pp. 186-204
Yunita, I., Lubis, F. A., & Aslami, N. (2023). Pengaruh Media Sosial, Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara). https://doi.org/10.47233/jebs.v3i2.865
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.