PENGARUH HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA KONSUMEN INDOMIE DI KECAMATAN SRAGEN)

Authors

  • Kissi Mandriyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti Surakarta
  • Triyanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti Surakarta

Keywords:

Price, Consumer Satisfaction, Customer Loyalty

Abstract

The purpose of this study is to ascertain how price affects customer loyalty, how consumer satisfaction affects customer loyalty, and how price affects customer loyalty in the Sragen District, as mediated by consumer satisfaction. Customers who purchase Indomie in the Sragen District serve as the population's research sample. Using an accidental sampling strategy, which involves selecting people of the population who are discovered incidentally (by chance), the sample for this study included 100 respondents. The method of gathering data makes use of a questionnaire. The following analytical tools are employed: hypothesis testing (path analysis), t-test, F test, coefficient of determination test (R2), classical assumptions (normality, multicollinearity, and heteroscedasticity tests), and instrument testing (validity, reliability, and validity tests). According to the study, price significantly affects Indomie customers' loyalty in the Sragen District. Price is having a substantial impact on Indomie consumer satisfaction in the Sragen District. Sragen Districi's Indomie client loyalty is significantly impacted by customer satisfaction. Indomie consumer satisfaction in the Sragen District acts as a mediator between price and customer loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Fian, J. (2016). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan AUTO 2000 Sungkono Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(6).

Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Amstrong, G., & Kotler, P. (2004). Dasar - Dasar Pemasaran. PT. Prehalindo.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94

Fatmawati, N., & Soliha, N. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic Honda. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 10(1), 1–20.

Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Manajemen, 1(2), 1–10.

Hasan, & Ali. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, CAPS (Center For Academic Publishing Service) (T. Admojo (ed.)). Yogyakarta CAPS 2013.

Khakim, Fathoni, & Minarsih. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Journal of Management, 1(1).

Kother, P., & Keller, L. . (2007). Manajemn Pemasaran. PT Indeks.

Kotler, A. (2001). Prinsip - prinsip Pemasaran (Edisi kedu). Erlangga.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol (Jilid Kedu). PT. Prehalindo.

Kotler, P. (2012). Prinsip - Prinsip Pemasaran (Jilid 1. E). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, L. . (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi ke 1). PT Indeks.

Lupiyoadi, & Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi Kedu). Salemba Empat.

Mole, M. A., Mandey, S. I., & Kojo, C. (2019). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Royal’s Resto And Function Hall Di Kota Ternate. Jurnal Riset Ekonomi, 7(1).

Putra, E. ., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Study Pada Konsumen Yang Membeli Produk Diskon Di Matahari Department Store Pasar Besar Malang) Endhar. Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 184–193.

Ratlan, P. (2017). Pengaruh Persepsi Harga dan kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Jurnal UBM, 10(1).

Sari, H. V. P., & Andjarwati, A. L. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Biskuit Oreo Di Carrefour Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1).

Siregar, N., & Fadillah, H. (2017). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jurnal Manajemen Tools, 8(2).

Sompa, A. T., Suwarni, E., & Gunarto, M. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Makanan Cepat Saji Di Kota Palembang (Studi Pada Kentucky Fried Chicken (Kfc). Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Bina Darma.

Stanton, W. J. (2003). Prinsip Pemasaran (A. B. oleh S. Sundaru (ed.); Jilid Satu). Erlangga.

Swastha, & Sukorjo. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Syahidin, A. (2022). Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih, 4(1).

Tjiptono, F. (2014). Prinsip Jasa - Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Andi Ofset.

Umar, H. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama.

Walangare, J. L., & Roring, S. J. M. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Kepuasan, Kepercayaan Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di The Coffee Bean Mantos. Jurnal EMBA, 7(1), 581–590.

Widyatama, C. P., & Lestari, S. P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Rifa Kuliner Kendal). Jurnal Merah Putih, 7(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.56444/sa.v7i3.941

Downloads

Published

2025-07-10