PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK SUSU CAIR DALAM KEMASAN SIAP MINUM MEREK ULTRA MILK DI KOTA BANDUNG
Keywords:
Product Quality, Customer Satisfaction, Repurchase IntentionAbstract
The purpose of this study to analyze the effect of product quality on repurchase intention mediated by customer satisfaction on liquid milk products in ready-to-drink packaging for the ultra milk brand in Bandung city.This researchused approach of quantitative.The research instrument has gone through the stages of validity, reliability testing, classic assumption test, simple regression test, and sobel test. There were 150 respondents who participated in this study. The analytical tool used to test the instrument data is using SPSS software version 24 and Sobel Test. The results showed that: 1) Product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, 2) product quality has a positive and significant affects on repurchase interest, 3) customer satisfaction quality has a positive and significant effect on repurchase interest, 4) product quality has a positive and significant effect on repurchase interest mediated by customer satisfaction.Downloads
References
Albi, M., Parlyna, R., & Hidayat, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan
PelangganTerhadap Minat Beli Ulang Pada Aplikasi Belanja Online X. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan-Jbmk, 2(3), 787-800.
Ananda, A. N., & Jamiat, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Nature Republic. eProceedings of Management, 8(2).
Anwar, R. N., & Wardani, F. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett di E-Commerce Shopee (Vol. 8). Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Nusantara:doi:10.31604/jips.v8i5.2021.1370-1379
Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2).
Febrian, Ine & Hidayat Rusdi. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Sabun Pembersih Wajah Garnier (Studi Pada Konsumen Di Kota Surabaya).Http://Jurnal.Umtapsel.Ac.Id/Index.Php/Nusanta
Fuadi, M. I., Survival, & Budiantono, B. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap
Minat Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. The 2nd Widyagama National Conference On Economics And Business,Wnceb, 140–151. Http://Publishing-Widyagama.Ac.Id/Ejournal-V2/Index.Php/Wnceb
Haqiqi, N., & Adji, W. H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Di Perkebunan Andritani Farm Kabupaten Cianjur. Jurnal Ilmiah
Jalaludin, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Bina Sejahtera Bangun Persada Serang Banten. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, Https://Doi.Org/10.37481/Jmeb.V1i2.212 1(2),
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1.
Mahemba, U. S. A. K., & Rahayu, C. W. E. (2019, December). Pengaruh Harga Dan Kualitas
ProdukTerhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Studi pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu (Vol. 1, No. 2, pp. 428-439)
Marwanto at al, b. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (pada Konsumen Produk Sayuran Cv Tani Organik Merapi Pakem Sleman). Jurnal Kolaboratif Sains.
Nurhasna, F. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Dengan Keputusan
Pembelian Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Konsumen Susu Ultra Milk Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro) (Doctoral Dissertation, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro).
Priansa, D.J. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu pada era media sosial. Bandung: CV
Pustaka Setia.
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan
Citra MerekTerhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial Issue 3), 1651-1667.
Razak. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. 7.
Wijayanti, H. T., & Almaidah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang D’fresco Donut Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(2), 225-238.
Yannimar, A. S. (2023). Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Susu Uht menggunakan
Metode Statistical Quality Control (Sqc) Di Pt. Greenfields Indonesia Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Susu Uht Menggunakan Metode Statistical Quality Control (Sqc) Di Pt. Greenfields Indonesia (Doctoral Dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang).
Yudarningsih, P. D., & Kawiana, I. G. P. (2022). Peran Kepuasan Konsumen Sebagai Mediasi
Pada Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(2), 458-467.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.