PENGARUH REPUTASI MERK, KESADARAN MERK, DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI HONDA MOTOR (STUDI PADA KONSUMEN ASTRA MOTOR CENTER SEMARANG)

Authors

  • Alesandro Taruna Wijaya Alesandro Universitas Dian Nuswantoro
  • Amron

Keywords:

Brand Reputation, Brand Awareness , Advertising

Abstract

This study aims to analyze the influence of Brand Reputation, Brand Awareness, and Advertising on Consumer Purchasing Decisions. The study was conducted using a quantitative approach with structural model analysis (SEM) techniques through the SmartPLS application. The results of the analysis show that the three independent variables have a significant effect on purchasing decisions, with T-statistic values ​​above 1.65 and P-values ​​below 0.05. The R-square value of 0.831 indicates that 83.1% of the variation in purchasing decisions can be explained by the variables in the model. These findings indicate that a marketing strategy that prioritizes good brand reputation, high brand awareness, and targeted advertising propaganda is very important in driving consumer purchasing decisions. This study provides a practical contribution to business actors in designing more effective marketing communication strategies.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albert Soebianto. (2014). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Brand Equity Sepeda Motor Merek HondaTerhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Di Kota Bandung. E-Journal Graduate Unpar, 1(1), 1–25.

Ambiyah, D., Putri, M. I., & Yuliana, L. (2024). Analisis Reputasi Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Merek iPhone. 4(5), 1–14.

Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, ESJ, 14(13), 228. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228

Anggriani, M., Erdiansyah, R., & Salman, D. (2022). Pengaruh Iklan Sosial Media Shopee terhadap Keputusan Pembelian. Prologia, 6(2), 205–209. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.10397

Ariyono, K. Y., Irdiana, S., & Khairullah, M. N. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli Ulang Kosmetik Wardah. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(2), 53–62.

Citra, D., Terhadap, M., & Pembelian, K. (2024). VOL 3 , NO . 1 , MARET 2024 Mandi Cair Di Kota Ambon. 3(1), 315–322.

Ghani Abdur Rahman, Advent Chandra, & Mohamad Zein Saleh. (2024). Strategi Pemasaran Dan Harga Mobil Honda Dalam Mencapai Kesuksesan Di Indonesia. Jurnal Riset Manajemen, 2(2), 235–248. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i2.1891

Hermawandi, Y. (2016). ANALISIS IKLAN MOTOR HONDA VERSI “ ONE HEART Yandi Hermawandi Konteks Penelitian Public Relations ( humas ) merupakan bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan oleh setiap organisasi yang bersifat komersial ( perusahaan ), maupun organisasi yang Public. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 1, 93–108.

Ibrahim, L., Simamora, V., & Caleste. (2017). Populasi pada penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang memutuskan untuk membeli air minum dalam kemasan galon merek Aqua. Metode pengambilan sampelnya adalah. Jurnal Akuntansi Manajerial, 2(2), 24–36.

Illah, F. N., Diah Delima, I., Hardiyanti, R., Studi, P., & Komunikasi, I. (2024). Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Originote Pada Tiktok Shop. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(8), 455–462. https://doi.org/10.5281/zenodo.11107494.

Kevin Jonathan Kurniawan, Reynaldo Wahyudi, & Catharina Aprilia Hellyani. (2023). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Di Kota Malang. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 1(3), 231–242. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i3.434

Kurniawan, F., & Effendi, S. (2020). PENGARUH BRAND AWARENESS, IKLAN MEDIA SOSIAL DAN E-WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA (Studi Kasus Pada Customer Bintang Motor Jaya Buaran). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1585

Lorinda, I. P., & Amron, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Tolak Angin Sidomuncul di Kota Semarang. Mbia, 22(1), 53–64. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2238

Maharani, N. (2015). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Iphone Di Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 12(1), 59–75. https://elearning2.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/3043

Mastuti, I. G. A. M., Haris, I. A., & Sujana, I. N. (2019). Pengaruh Iklan dan Citra Merek terhadap Keputuan Pembelian Produk Sepeda Motor Merek Honda pada Dealer PT. Mertha Buana Motor di Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 448–453.

Miranda Saragih, Y., Sitinjak, M. C. S., Juliansyah, R., Siregar, S. A., & Saragih, L. (2023). Pengaruh Periklanan, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Fi Di Pematangsiantar. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(3), 167–171. https://doi.org/10.55338/saintek.v4i3.1140

Nugraha, M. Z., & Nurfebiaraning, S. (2022). Pengaruh Iklan Astra Honda Motor Versi Berjuang Untuk Yang Tersayang #Jalaninbareng Honda Terhadap Respon Afektif Khalayak. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 7(1), 30. https://doi.org/10.52423/jikuho.v7i1.22197

Nuramdini, H., Sagita, G., Herawati, D., Bunyana, & Gunawan, C. (2023). Analisis Ekuitas Merek (Brand Equity) Sepeda Motor Honda di Sukabumi. Journal Marketgram, 1(1), 52–59. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/mj

Nurbaity, F., Bungin, B., & Satvikadewi, P. (2016). Persepsi Anggota Club Motor Terhadap Gaya Hidup Komunitas Di Surabaya. Jurnal.Untagsby, 1–11.

Putri, A. W., Ramdhan, A. M., & Danial, R. D. M. (2022). Pengaruh Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Intervening. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 5(2), 1254–1262. https://doi.org/10.31539/costing.v5i2.2544

Ramdhan, R., Komariah, K., & Jhoansyah, D. (2024). Analisis Reputasi Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 2795–2801. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.6567

RiqifArafah1;MuinahFadhilah. (2023). PEMBELIAN OBAT PARACETAMOL SYRUP PASCA JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 7(1), 653–662.

Rosmika T, E, Chairy, P, Hartini, S, Lubis, R. (2024). Implementasi Lean Manufacturing Pada Sektor Otomotif Indonesia Suatu Kajian Literatur. Jurnal Institusi Politik Ganesha, 7(2).

Salam, A., & Sukiman, S. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Merek Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 69. https://doi.org/10.32502/jimn.v11i1.3427

Sandro. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan DigitalMarketing Terhadap Purchese Intention ChickenInc Puri Park. 13–33.

Satria Adi, T., Fitriyah, Z., Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (2024). The Influence Of Brand Reputation And Brand Trust On The Purchase Intention Mcdonald’s In Surabaya Pengaruh Brand Reputation Dan Brand Trust Terhadap Purchase Intention Mcdonald’s Di Surabaya. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 1849–1856. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Satria, E. (2023). Brand Image , Persepsi Harga , DAN Kualitas Produk ( Studi Kasus Pada Toko Bangunan Berkah Desa Lempur Danau ). Journal of Economic, Management, Business, and Accounting, 4(2), 1–11.

Shimp, A. (2020). Pengaruh Potongan Harag Terhadap Keputusan Pembelian TIX.ID (Survei kepada mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta. 1–23. http://repository.unj.ac.id/10325/

Sofiana, M. (2019). Prosedur Production Control Pada Pt Astra Honda Motor Jakarta. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i1.497

Sukma, A. H., Misnan, M., Hiswanti, H., Pranawukir, I., & Barizki, R. N. (2024). Strategi Komunikasi Efektif Motor Honda dalam Branding, Marketing dan Selling Produk. Jurnal Publisitas, 10(2), 213–225. https://doi.org/10.37858/publisitas.v10i2.425

V, D. A., Fabella, N. T., & Alfanis, A. (2021). Pengaruh Iklan, Persepsi Kualitas, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 2(1), 9–17. https://doi.org/10.57084/jmb.v2i1.521

Wahyuddin, M., & Yulianti Kamal, T. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA CRF 150 PADA PT. ASTRA INTERNASIONAL Tbk. CABANG UNAAHA. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 03(01), 168–174.

Widayanto, M. T., Haris, A., & Syarifah, L. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.53682/mk.v4i1.5821

Yusuf, A., Firdaus, A., & Yuliana, L. (2024). Pengaruh Reputasi Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum NU Berkah. 2.

Downloads

Published

2025-07-01