PENERAPAN BLENDED LEARNING TERHADAP PERSEPSI DAN KEPUASAN SISWA DITINJAU BERDASARKAN GENDER

Kuasi Eksperimen Pada Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru Dengan Kompetensi Dasar Menganalisis Konsep dan Kebijakan Perdagangan Internasional

Penulis

  • Annisa Rahmadani Indonesian Education University
  • Kurjono Kurjono
  • Hari Mulyadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5632

Kata Kunci:

Blended Learning, Student Perception, Student Satisfaction, Gender

Abstrak

Riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana Persepsi dan Kepuasan Siswa/i terhadap Penerapan Blended Learning pada Jurusan IPS di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Pekanbaru berdasarkan jenis kelamin. Jenis riset  ini adalah Riset Kuantitatif. Teknik Proportional Stratified Random Sampling digunakan untuk mengambilan sampel pada penelitian ini. Data yang digunakan sebanyak 114 responden dari siswa/i MAN 1 Pekanbaru dan sebanyak 50 responden dari siswa/i MAN 2 Model Pekanbaru. Metode Riset ini menggunakan Analisis Deskriptif Kuantitatif. Data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Uji Validitas dan Uji Reliabilitas digunakan sebelum instrumen penelitian disebar kepada responden.Teknik Analisis Data menggunakan uji t. Hasil riset Persepsi dan Kepuasan siswa/i dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh penerapan Blended Learning pada siswa/i MAN 1 dan MAN 2 Model Pekanbaru, serta terdapat perbedaan yang signifikan antara Persepsi dan Kepuasan Siswa dan Siswi. Kepuasan atas Penerapan BL di MAN 1 Pekanbaru dan MAN 2 Model Pekanbaru dengan memanfaatkan perhitungan CSI, maka dapat diketahui kepuasan terhadap penerapan BL menunjukkan kategori puas dengan rentang 66-80% dan cukup puas yang berada pada rentang 51%-65%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akpan, E. T. (2015). Blended Learning Opportunities and Challenges in Mathematics Education : Perspective in Higher Education. South American Journal of Academic Research, Volume 2(Issue 1).

Berkman, H. W., & Gilson, C. (1986). Consumer Behavior: Concepts and Strategies Subsequent Edition (xxv). Kent Publishing Company.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Carter, L. (2013). The Other Blended Learning: A Classroom-centered Approach. In Canadian Journal of University Continuing Education (Vol. 33, Issue 1). https://doi.org/10.21225/d5ds3w

Chang, V., & Fisher, D. (2003). The Validation and Application of a New Learning Environment Instrument to Evaluate Online Learning in Higher Education.

Dusick, D. M. (1998). FacoDIr Computer Use and Training : Idenrifqing Disrinct Needs forDitffereor Popularions. 27(4), 33–47.

Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning (Edisi Pert). Rajawali Pers.

Echols, J. M., & Shadily, H. (2006). Kamus Inggris - Indonesia : An English - Indonesian dictionary / oleh John M. Echols dan Hassan Shadily (xiv). Gramedia Pustaka Utama.

Garrison, D. R., & Kanuka, H. (2017). Blended Learning : Uncovering Its Transformative Potential in Higher Blended learning : Uncovering its transformative potential in higher education. Jurnal The Internet and Higher Education, 7(April 2004), 95–105. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2004.02.001

Gede, I. D., Raditya, N., Luh, N., & Widhiyani, S. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Dukungan Manajemen Puncak, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 24(2), 845–870. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i02.p02

Heckman, R., Østerlund, C. S., & Saltz, J. (n.d.). Blended Learning at the Boundary : Designing a New Internship. 111–127.

Heinze, A. (2004). Reflections on the use of blended learning. http://usir.salford.ac.uk/id/eprint/1658/

Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. 25(3), 401–410.

Husna, S., & Syukri, A. (2014). PENERAPAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX ( CSI ) DAN ANALISIS GAP PADA KUALITAS PELAYANAN. 1, 103–111.

Imron, A. (2018). Hubungan persepsi tentang kualitas dan pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua siswa sekolah menengah kejuruan negeri. 1, 245–254.

Jamey Fitzpatrickk. (2011). Planning Guide for Online and Blended Learning. In Creating New Models For Student Success (pp. 1–40). Michigan Virtual University.

Kotler, P., & Susanto, A. B. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia; Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=53400

Lim, D. H., & Morris, M. L. (2009). Learner and Instructional Factors Influencing Learning Outcomes within a Blended Learning Environment. 12, 282–293.

Lin, Y. (2017). The Effect of Blended Learning in Mathematics Course. 8223(415), 741–770. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00641a

Mangkunegara, A. A. A. P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (8th ed.). PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Martin, F., Stamper, B., & Flowers, C. (n.d.). Examining Student Perception of Readiness for Online Learning : Importance and Confidence. 24(2), 38–58.

Melton, B. F., Bland, H. W., & Chopak-foss, J. (2009). Achievement and Satisfaction in Blended Learning versus Traditional General Health Course Designs. 3(1).

Nugroho, S. (n.d.). PROFESIONALISME GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN. 135–146.

Oktaria, S. D., Budiningsih, A., & Risdianto, E. (2018). Model Blended Learning Berbasis Moodle (1st ed.). Halaman Moeka.

Oktarina, R., Ambiyar, & Fhadillah. (2020). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DUA ARAH PADA BLENDED LEARNING BERORIENTASI FLIPPED CLASSROOM PADA MASA NEW NORMAL COVID 19. 26(2013), 483–492.

Pavlovic, M. (n.d.). The Use of Social Networks for Elearning Improvement.

Riasari, D. (2018). Peranan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning Terhadap Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Statistik Pada Sman 1 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2, 813–820.

Rogers, P. L. (2001). Traditions to Transformations 1. 1–24.

Sadeghi, R., Sedaghat, M. M., & Ahmadi, F. S. (2014). Comparison of the effect of lecture and blended teaching methods on students’ learning and satisfaction. 2(4), 1–5.

Saif, N. I. (2014). The Effect of Service Quality on Student Satisfaction : A Field Study for Health Services Administration Students. 4(8), 172–181.

Sajid, M. R., Laheji, A. F., Abothenain, F., Salam, Y., & Aljayar, D. (2016). Can blended learning and the flipped classroom improve student learning and satisfaction in Saudi Arabia ? 281–285. https://doi.org/10.5116/ijme.57a7.83d4

Sang, G., Valcke, M., Braak, J. Van, Tondeur, J., & Zhu, C. (2011). Predicting ICT integration into classroom teaching in Chinese primary schools : exploring the complex interplay of teacher-related variables. June 2010, 160–172. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2010.00383.x

Schacter, D. L., Gilbert, D. T., & Wegner, D. M. (2011). Psychology (2nd ed.). Worth Publishers.

Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

So, H., & Brush, T. A. (2008). Student perceptions of collaborative learning , social presence and satisfaction in a blended learning environment : Relationships and critical factors. 51, 318–336. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2007.05.009

Sopiatin, P., & Sikumbang, R. (2010). Manajeman Belajar Berbasis Kepuasan Siswa (R. Sikumbang (ed.); 1st ed.). Ghalia Indonesia.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sulistyowati, Y. (2020). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan dan Tata Sosial. Ijougs: Indonesian Journal of Gender Studies | Volume 1 No. 2 Tahun 2020, 1(2), 1–14.

Sumanto. (2014). Psikologi Umum. CAPS.

Swasono, B., & Diah, T. W. (2021). Hubungan Pelayanan dan Kepuasan Siswa terhadap Optimalisasi Pendapatan pada Lembaga Pendidikan Primagama Wisma Asri Bekasi. 6(1), 120–134.

Thoha, M. (2010). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Rajawali Pers. http://opac-perpusbunghatta.perpusnas.go.id/detail-opac?id=10542

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran (xiii). Andi Offset.

Ullah, Z., & Ahmad, N. (2020). Critical Factors of Student Satisfaction in Private Universities of Pakistan. XII(Viii), 773–793.

Vernadakis, N., Giannousi, M., Tsitskari, E., Antoniou, & Kioumourtzoglou. (2012). A COMPARISON OF STUDENT SATISFACTION BETWEEN TRADITIONAL AND BLENDED TECHNOLOGY COURSE. January, 137–147.

Wu, J., Tennyson, R. D., & Hsia, T. (2010). A study of student satisfaction in a blended e-learning system environment. Computers & Education, 55(1), 155–164. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.12.012

Zeqiri, J. (2020). The Impact of Blended Learning on Students’ Performance and Satisfaction in South East European University. Vol. 6, pp, 233–244.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-30