ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL TERHADAP MENTAL ACCOUNTING DAN TINGKAT KEPUASAN PADA MASYARAKAT DI SUMATERA UTARA

Penulis

  • Raudah Azzahra Manurung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Muhammad Lathief Ilhamy Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nurbaiti Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v7i2.7603

Kata Kunci:

Dompet Digital, Mental Accounting, Tingkat Kepuasan

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan dompet digital terhadap mental accounting dan tingkat kepuasan masyarakat di Sumatera Utara. Dalam survei ini, menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  data  primer  yang dikumpulkan melalui kuesioner 100 masyarakat di Sumatera Utara dengan kriteria usia 19-24 tahun. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana menggunakan program IBM SPSS Statistic Version 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dompet digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap mental accounting dan tingkat kepuasan. Dengan demikian, dompet digital sangat mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi. Semakin bagus aplikasi dompet digital digunakan semakin baik pula mental accounting dan tingkat kepuasan masyarakat di Sumatera Utara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ariany Linda, & Katarina Kumalasari. (2012). Mental Accounting Dan Variabel Demografi : Sebuah Fenomena Pada Penggunaan Kartu Kredit. Kinerja, Vol 16 No 2, 89–102.

Dewi, E., Pambudi, J. E., & Hendra Priyatna, E. (2022). Minat Menggunakan Dompet Digital Ovo: Kemudahan Penggunaan Dan Kepuasan Pelanggan Interest In Using Ovo Digital Wallet: Easy Of Use And Customer Satisfaction. In Digibis: Digital Business Journal (Vol. 1, Issue 1). Http://Jurnal.Umt.Ac.Id/Index.Php/Digibis

Diva, N., Rembulan, R., & Firmansyah, E. A. (2020a). Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital. In Valid Jurnal Ilmiah (Vol. 17, Issue 2).

Diva, N., Rembulan, R., & Firmansyah, E. A. (2020). Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital. In Valid Jurnal Ilmiah (Vol. 17, Issue 2).

Femmy Effendy. (2020). Pengaruh Perceived Of Benefit Terhadap Niat Untuk Menggunakan Layanan Dompet Digital Di Kalangan Milenial Femmy Effendy. In Jurnal Interkom (Vol. 15, Issue 2).

Fikri, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Shopeepay Sebagai Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Feb Usu (Vol. 17, Issue 2).

Hardani, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Cv.Pustaka Ilmu Group .

Haryana, R. D. T. (2017). Pengaruh mental Accountingdan Psychological Factors Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, Vol 2 No 3(2502–3764), 553–571.

Ivan Goenawan, S., Natalia, C., Prasepta Sejahtera, F., & K, A. A. (2021). Analisa Timbangan Data Dampak Positif Dan Negatif Dompet Digital.

Mahadevi, S. A., & Asandimitra, N. (N.D.). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Bisnisuniversitas Negeri Surabaya. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 9, Issue 2).

Mawardani, F., Niaga, P. T., Ekonomika, F., & Bisnis, D. (2021). Renny Dwijayanti. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 9. Https://Katadata.Co.Id

Muhammad Yafiz, E. Aditya. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Sistem Penyerahan Santunan Pt Jasa Raharja Perwakilan Tk.I Medan. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, Vol 1 No 6(2798–6535), 647–652.

Nasution, M. I. P., Nurbaiti, N., Nurlaila, N., Rahma, T. I. F., & Kamilah, K. (2020). Face Recognition Login Authentication For Digital Payment Solution At Covid-19 Pandemic. 2020 3rd International Conference On Computer And Informatics Engineering, Ic2ie 2020, 48–51. Https://Doi.Org/10.1109/Ic2ie50715.2020.9274654

Novyantri, R., & Setiawardani, M. (2021). The Effect Of E-Service Quality On Customer Loyalty With Customer Satisfaction As A Mediation Variable On Dana’s Digital Wallet (Study On Dana Users) Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Dompet Digital Dana (Studi Pada Pengguna Dana). International Journal Administration, Business And Organization (Ijabo) |, 2(3), 49–58. Https://Ijabo.A3i.Or.Id

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tanggerang: Pascal Books.

Ramadhana, T., Lathief Ilhamy, M., Inda, T., & Rahma, F. (2022). Pengaruh E-Money Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2017 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. In Journal Of Management, Economic And Accounting (Jmea) (Vol. 1, Issue 1). Https://Pusdikra-Publishing.Com/Index.Php/Jisc

Ratih Dewi Titisari Haryana. (2017). Reff Jurnal 12.A. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, Vol 2 No 3(502–3764), 553–571.

Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Pdam Cibadak Sukabumi. Jurnal Ecodemica, 2(1).

Simanjorang, R., & Zainarti. (2023). Perpindahan Berbelanja Melalui Pasar Online ( Studi Kasus Pasar Induk Sidikalang ).

Wulan, R., & Aslami, N. (2022). Transformasi Manageria Journal Of Islamic Education Management Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Meningkatnya Kepuasan Pelanggan. Https://Doi.Org/10.47476/Manageria.V2i2.896

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-12