PENGARUH UMUR USAHA, KUALITAS PRODUK, DAN MOTIVASI USAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) TAHU DAN TEMPE DI KELURAHAN BUKIT BATREM KOTA DUMAI
DOI:
https://doi.org/10.23969/oikos.v7i2.7614Kata Kunci:
Keberhasilan Usaha, Umur Usaha, Kualitas Produk, Motivasi UsahaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur usaha, kualitas produk, dan motivasi usaha terhadap keberhasilan UKM tahu dan tempe di Kelurahan Bukit Batrem Kota Dumai. Populasi penelitian pelaku UKM tahu dan tempe di Kelurahan Bukit Batrem Kota Dumai. Sampel penelitian seluruh pelaku UKM tahu dan tempe di Kelurahan Bukit Batrem Kota Dumai yang berjumlah 35 pelaku usaha, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung, dan data yang terkumpul kemudian ditabulasi dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian umur usaha, kualitas produk, dan motivasi usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha baik secara simultan maupun secara parsial. Oleh karena itu, apabila pelaku usaha memiliki umur usaha yang cukup lama, memiliki kualitas produk yang dihasilkan baik, dan memiliki motivasi usaha yang tinggi, maka keberhasilan usaha akan tercapai.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2023-07-12
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Oikos : Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.