ANALISIS KOMPARATIF KONDISI EKONOMI PEDAGANG KIOS LANTAI 1 DAN PEDAGANG KIOS LANTAI 2 PASAR BESAR NGAWI PASCA REVITALISASI
DOI:
https://doi.org/10.23969/oikos.v7i2.7855Kata Kunci:
pasar tradisional, revitalisasi, pendapatan, lokasi usahaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kondisi ekonomi pedagang kios lantai 1 dan pedagang kios lantai 2 Pasar Besar Ngawi pasca pembangunan dan revitalisasi. Subjek dari penelitian ini yakni pedagang kios Pasar Besar Ngawi. Penelitian ini menggunakan data primer sebanyak 78 responden. Jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10%. Pengumpulan data primer dilakukan melalui pedoman wawancara. Teknik sampling yang digunakan adalah disproportionate stratified random sampling. Uji yang digunakan yakni statistik deskriptif dan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar menjadi sepi pengunjung sehingga membuat banyak pedagang mengalami penurunan pendapatan dan membuat banyak pedagang memilih mengurangi jam kerja. Penurunan pendapatan lebih banyak dialami oleh pedagang lantai 2 dibandingkan pedagang lantai 1. Selanjutnya, pengurangan jam kerja juga lebih banyak dilakukan oleh pedagang lantai 2 dibandingkan pedagang lantai 1. Dari aspek kepastian usaha, pedagang yang menyatakan dapat maju dalam berjualan jumlahnya lebih banyak ditemukan pada pedagang lantai 1 dibandingkan pedagang lantai 2. Selanjutnya, dari hasil uji hipotesis melalui uji Mann Whitney U membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penerimaan pedagang lantai 1 dan penerimaan pedagang lantai 2, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara laba pedagang lantai 1 dan laba pedagang lantai 2. Pedagang lantai 1 memiliki rata-rata penerimaan yang lebih besar dibandingkan pedagang lantai 2, dan pedagang lantai 1 memiliki rata-rata laba yang lebih besar dibandingkan pedagang lantai 2.Unduhan
Referensi
Agustina, A. (2021). Hubungan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Terhadap Pedagang Pakaian Pasar Aceh Di Kota Banda Aceh). Banda Aceh : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Aji, A. W., & Listyaningrum, S. P. (2021). Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, dan Teknologi Informasi Terhadap Pendapatan UMKM di Kabupaten Bantul. JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), 6(1), 87-102. https://doi.org/10.32528/jiai.v6i1.5067
Aprilia, R. (2018). Dampak Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan Pedagang di Pasar Bulu Semarang. Economics Development Analysis Journal, 6(2), 215-221. https://doi.org/10.15294/edaj.v6i2.22219
Azizah, S. N. (2016). Analisis Dampak Program Revitalisasi Pasar Tradisional di Pasar Tumenggungan Terhadap Pendapatan Pedagang dan Evaluasi Manajemen Tata Kelola Pedagang Pasar. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi 15(2), 22-36. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v15i2.67
Anam, C. (2014). Analisis Revitalisasi Pasar Tanjung Dalam Rangka Penguatan Pedagang Pasar Di Era Bisnis Modern. SAINTEKBU : Jurnal Sains Dan Teknologi, 7(1), 1-44. https://doi.org/10.32764/saintekbu.v7i1.70
Brata, I. B. (2016). Pasar Tradisional di Tengah Arus Budaya Global. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 1-12. https://www.neliti.com/publications/102449/pasar-tradisional-di-tengah-arus-budaya-global
Dakhoir, A. (2018). Eksistensi Usaha Kecil Menengah dan Pasar Tradisional Dalam Kebijakan Pengembangan Pasar Modern. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 14(1), 31-41. https://doi.org/10.23971/jsam.v14i1.783
Darini, K.I.W., & Suwendra, I.W. (2022) Persepsi Masyarakat Terhadap Revitalisasi Pasar Tradisional di Pasar Rakyat Banjar, Desa Banjar, Kabupaten Buleleng. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 122-128. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v10i1.33872
Dewi, N. K. D. (2018). Perlindungan Hukum Terhadap Pasar Tradisional di Era Liberalisasi Perdagangan. Law Reform, 14(1), 1-14. https://doi.org/10.14710/lr.v14i1.20232
Hamid, A. M. (2022). Revitalisasi Pasar Tradisional Dalam Sudut Pandang Ekonomi Islam Untuk Meningkatkan Kepuasan Pedagang di Pasar Lembung. Adilla : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 5(2), 51-68. https://doi.org/10.52166/adilla.v5i2.3225
Haris, R. A., Muzayyana, E., & Irawati. P., I. (2019). Revitalisasi Pasar Tradisional Dalam Mewujudkan Pengembangan Ekonomi Lokal di Kabupaten Sumenep. Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 4(2), 137-148. https://doi.org/10.26905/pjiap.v4i2.3284
Hasanah, N. (2019). Pasar Resisting Mall: A Cross-Cultural Ethnographic Of Economic Traditional Market. Shirkah: Journal of Economics and Business, 3(3), 307-320. https://doi.org/10.22515/shirkah.v3i3.199
Idrus, M. I., & Nur, M., J. (2016). Peranan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pada Pasar Pa’baeng-Baeng di Kecamatan Tamalate Kota Makassar). Jurnal Ekonomi Balance Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 1-13. https://doi.org/10.26618/jeb.v12i2.1999
Kementerian PUPR. (2021). Dukung Ekonomi Masyarakat Menteri Basuki Dampingi Presiden Resmikan Pasar Besar Ngawi. Diakses pada 18 Januari 2023 melalui https://pu.go.id/berita/dukung-ekonomi-masyarakat-menteri-basuki-dampingi-presiden-resmikan-pasar-besar-ngawi
Kemendag. (2016). Konsep Revitalisasi Pasar Rakyat. Diakses pada 18 Januari 2023 melalui https://ews.kemendag.go.id/revitalisasi/KonsepRevitalisasi.aspx
Kurniawan. I. D., Suyatno, Puspita, K. M., Fadhilah, L. D., Akbar, M. A., & Fikran, M. F. D. (2022). Efek Program Revitalisasi Pada Pasar Gede Harjonagoro di Kota Surakarta Sebagai Bentuk Memajukan Ekonomi Kerakyatan. Research Fair Unisri, 6 (2), 1-12. https://doi.org/10.33061/rsfu.v6i2.7963
Magdina, T. M., Nasution, M. A., & Thamrin, H. (2018). Evaluasi Kebijakan Revitalisasi Dalam Pengelolaan Pasar Tradisional oleh Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 45-52. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9967
Nayoan, T., Lengkong, F. D. J., & Londa, V. Y. (2021). Dampak Ekonomi Kebijakan Revitalisasi Pasar (Studi di Pasar Rakyat Desa Poopo Utara Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 7(103), 29-37.
Nida, M. M. (2014). Evaluasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional di Kota Surakarta. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 10(2), 166-174. https://doi.org/10.14710/pwk.v10i2.7647
Noor, A. (2013). Perlindungan Terhadap Pasar Tradisional di Tengah Ekspansi Pasar Ritel Modern. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 4(2), 107-120. https://doi.org/10.21580/economica.2013.4.2.782
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Kondisi Ekonomi Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Di Desa Sinar Tebudak Kecamatan Tujuh Belas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(7), 1-8. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i7.20997
Poti, J., & Mahadiansar, M. (2020). Evaluasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional : Studi Pasar Akau Potong Lembu Kota Tanjungpinang. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 6(3), 294-309. https://doi.org/10.26618/kjap.v6i3.4165
Pujiastuti, Y. (2019). Analisis Revitalisasi Pasar Serta Zonasi Pedagang Terhadap Peningkatan Pendapatan (Studi Kasus Pasar Rejosari Surakarta). Surakarta : Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret
Qurrata, V. A., Supratman, R. G., & Khuzaimah, R. B. (2022). Strategi Ketahanan Pasar Rakyat di Masa Pandemi Covid-19. Inovasi, 18(1), 105-111. https://doi.org/10.30872/jinv.v18i1.10365
Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung : PT Refika Aditama
Sinambela, L. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Publik, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Yogyakarta : Graha Ilmu
Sofiati, A. M., & Murniawaty, I. (2019). Pengaruh Lokasi Usaha, Pengalaman Usaha dan Pengelolaan Pasar Terhadap Omzet Penjualan Pedagang Setelah Revitalisasi. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 588-604. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31490
Sujatmiko, E. (2014). Kamus Ips Cetakan I. Surakarta: Aksara Sinergi Media
Susanto, R. Y. (2019). Potensi Pasar Tradisional Blimbing Bagi Masyarakat di Sekitar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 6(2), 39-47. https://doi.org/10.33366/ref.v6i2.1203
Syarifuddin, D. (2018). Pasar Tradisional Dalam Perspektif Nilai Daya Tarik Wisata. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 15(1), 19-32. https://doi.org/10.17509/jurel.v15i1.11266
Tambunan, Tulus. (2020). Pasar Tradisional dan Peran UMKM. Bogor : IPB Press
Wahyono, B. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Bantul Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(4), 388 - 399. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ekonomi/article/view/7163
Yusanto, M. I., & Yunus M. A. ( 2011). Pengantar Ekonomi Islam. Bogor : Al Azhar
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Oikos : Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.