PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Authors

  • Fitriana Prabandari Universitas Halim Sanusi

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v8i1.9785

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas X pada mata pelajaran Ekonomi dengan materi pokok permintaan, penawaran dan terbentuknya keseimbangan harga pasar di SMA Negeri 18. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalen (Pretest-postest) Control Group Design yang merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan menggunakan seluruh subjek dalam kelompok belajar (intac group) untuk diberi perlakuan (treatment), bukan menggunakan subjek yang diambil secara acak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dan panduan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Statistic Descrivtif, Wilcoxon’s Matched Pairs Test dan Mann Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri terbimbing berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi dengan materi pokok permintaan, penawaran dan terbentuknya harga pasar pada kelas X di SMA Negeri 18 dengan kategori peningkatan sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2009). Guru Dan Pembelajaran Bermutu. Bandung: Rizqi Press.

Arends, R. I. (2013). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eggen, P & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran. Jakarta Barat: PT. Indeks.

Gulo, W. (2002).Strategi Belajar-Mengajar.Jakarta: PT Grasindo.

Joyce, W & Calhoun. (2009). Models of Teaching. Model-model Pengajaran (Edisi Delapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuhlthau & Todd. (2007). Guided Inquiry: A framework for learning through school librariesin 21st century schools. New Jersey: CISSL.

Kurniawan, H. (2014). Resolusi Pendidikan. [Online]. Diakses dari http://edukasi.kompasiana.com

Murtinah. (2013). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Yang Menerapkan Metode Kumon Dengan Pembelajaran Konvensional Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas Vii Smp Negeri 11 Kota Bengkulu. Tesis. Tidak Diterbitkan.

National Research Council. (2000). Concept to Classroom – thirteen-edonline. [Online]. Diakses dari http://www.thirteen.org/edonline/concept2 class/inquiry/ .

Oktaviana. (2014). Penyebab Rendahnya Pendidikan di Indonesia. Sketsa. Hlm.31-32

Puslitjaknov (Pusat Penelitian Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional). (2008). Metode Penelitian Pengembangan.

Rustaman, dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI.

Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabet.

Sanjaya, W. Dr. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

TIMMS. (2011). About International Assessments Of Student Achievement Dedicated To Improving Teaching And Learning In Mathematics And Science . International Assocition for the Evaluation of Educational Achievement. [Online]. Diakses dari http://timss.bc.edu/timss2011/.

Wenning, C. J. (2007). Assesing Inquiry Skills as a Component of Scientific Literacy. Journal Physics Teacher Education.

Yoranda M. D. P., dkk. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malang pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. [Online]. Diakses dari jurnal-online.um.ac.id.

Downloads

Published

2024-01-23