KONSTRUKSI INFORMASI POLITIK (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KOTA CIMAHI PASCA PENETAPAN CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA DALAM PILKADA SERENTAK )

Penulis

  • Adiyana Slamet Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/paradigmapolistaat.v1i2.1151

Kata Kunci:

Komunikasi Politik, Informasi Politik, Kota Cimahi, Pilkada Serentak

Abstrak

Konsolidasi demokrasi lokal akan terwujud dengan baik jikalau informasi politik yang diberikan oleh institusi penyelenggara pemilu dan institusi politik melalui proses komunikasi politik dapat mendorong rakyat mendapatkan ‘gizi’ menerima informasi politik sehingga belajar tentang politik. Informasi politik dalam pilkada sentak merupakan bagian dari bagaimana kandidat “pasangan calon” Walikota Cimahi melakukan komunikasi politik untuk berlomba-lomba memberikan informasi politik mengenai prospective policy choice yang akan di usung nantinya. Ketika informasi politik masyarakat itu terpenuhi, tentu masyarakat bisa memilih dengan tanggung jawab besar secara rasional untuk memilih pemimpin di daerahnya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang “menguntungkan” kepentingan rakyat itu sendiri. Tahun 2017 menjadi tahun politik bagi 101 daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) Seretak di seluruh Indonesia. Terdapat 7 Provinsi, 76 Kabupaten dan 18 Kota yang mengikuti Pilkada serentak tersebut. Salah satu dari 18 Kota yang menggelar Pilkada tersebut adalah Kota Cimahi. Kota Cimahi memiliki daftar pemilih tetap sejumlah 375.722 orang yang menggunakan kedaulatannya untuk memilih pasangan calon Walikota yang akan memimpin daerahnya selama 5 tahun kedepan. Dalam pesta demokrasi menjadi hal fundamental bahwa, informasi politik menjadi penguat dalam kognisi politik yang nantinya di implementasikan pada ruang partisipasi politik itu sendiri. Pemberian informasi politik merupakan sebuah kewajiban bagi penyelenggara pemilu terutama KPU Kota Cimahi dan Partai Politik untuk memberikan Informasi politik kepada masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Anwar. 2011 Komunikasi Politik (Paradigma, Teori, Aplikasi, Strategi Komunikasi Politik Indonesia). Jakarta : PT. Balai Pustaka.

Budiarjo, Miriam. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta : PT. Gramedia.

Cangara, Hafied. 2011. Komunikasi Politik. Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta: Rajawali Press

Creswell J.W. 1998. "Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions" by J. W. Creswell.

----------------. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih diantara lima pendekatan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Firmanzah. 2008. Marketing Politik: Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

--------------.2010. Mengelola Partai Politik: Komunikasi dan Positioning, Ideologi Politik di Era Demokrasi : yayasan Obor Indonesia.

Gazali, Effendi. 2004. Pemuda, Demokrasi & Pendidikan Politik : Tinjauan Komunikasi Politik , Jakarta : Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia.

Haryanto, I. (2010). Media di bawah dominasi modal: ancaman terhadap hak atas informasi” dalam azasi. Edisi Maret – April 2010.

Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa. Jakarta : Granit.

Kumolo, Tjahyo dan Tim. 2017. Nawa Cita Untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia. Integrasi Perencanaan Pembangunan Nasional dan Daerah. Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara.

McNair, B. 2010. An Introduction to Political Communication. Oxon, Canada:Routledge .

Muhtadi, Asep Saeful, 2008. Komunikasi Politik Indonesia. Bandung : Rosdakarya.

Surbakti, Ramlam. 1992. Memahami Ilmu Politik. Jakarta : Grasindo.

Jurnal/Karya Ilmiah

Sasmita, Siska. 2011. Peran Informasi Politik Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula dalam Pemilu/Pemilukada. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, Vol.2, No.1, Januari-Juni 2011. ISSN : 2087-0825. Universitas Negeri Padang.

Sandra, Lidya Joyce. 2013. Political Branding Jokowi Selama Masa Kampanye Pemilu Gubernur DKI Jakarta 2012 di Media Sosial Twitter. Jurnal E-Komunikasi Vol I. No.2 Tahun 2013. Universitas Kristen Petra Surabaya.

Surayatna, Undang. 2007. Hubungan Karakteristik Pemilih Dan Terpaan Informasi Kampanye Politik Dengan Perilaku Memilih (Kasus Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Cianjur Tahun 2006). Tesis. Institut Pertanian Bogor.

Undang-Undang atau Peraturan

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik menyatakan informasi sebagai keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik maupun nonelektronik.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang.

Diterbitkan

2018-12-27