Strategi Publisitas Capres Anies Baswedan Melalui Instagram Pribadinya Jelang Pemilihan Presiden 2024
Keywords:
Strategi, publisitas, Instagram, Anies Baswedan, pemilihan presiden.Abstract
Pemilihan presiden tahun 2024 di Indonesia diprediksi akan menjadi pesta demokrasi yang
sangat penting dan menarik perhatian masyarakat. Dalam konteks tersebut, strategi publisitas
politik dianggap sebagai salah satu elemen untuk meningkatkan popularitas seorang kandidat
calon Presiden. Penelitian berjudul “Strategi Publisitas Calon Presiden Anies Baswedan
melalui Intagram Pribadinya menjelang Pemilihan Presiden 2024” bertujuan untuk
menganalisis strategi publisitas yang diterapkan oleh bakal calon presiden Anies Baswedan di
Instagram @aniesbaswedan dalam mempersiapkan dirinya untuk pemilihan presiden tahun
2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan basis data sekunder
melalui analisis dokumen dan data primer melalui wawancara mendalam. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi untuk mengidentifikasi tema-tema penting dan pola-pola publisitas yang ada di konten dan postingan di Instagram @aniesbawsedan serta
wawancara dengan juru bicara Anies Baswedan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi
publisitas Anies Baswedan di Instagram pribadinya efektif dan dinilai baik untuk
mempromosikan dirinya dan membangun citra positif jelang pemilihan Presiden 2024. Strategi
publisitas Anies di media sosial meliputi penggunaan Instragam @aniesbaswedan yang
menampilkan semua kegiatan Anies saat menyapa masyarakat, sosialisasi keliling, dialog atau
keterlibatan masyarakat dalam program-program serta memuat rekam jejak dan gagasannya
sebagai bakal calon Presiden 2024. Dalam konteks pemasaran politik, strategi publisitas politik
ini sangat penting untuk meraih simpati dan dukungan dari masyarakat sebagai pemilih. Oleh
karena itu, penelitian ini membahas bagaimana strategi publisitas yang diterapkan oleh Anies
Baswedan di media sosial Instagram dapat membantu meningkatkan popularitas, dan
akseptabilitas dirinya memenangkan pemilihan presiden tahun 2024.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Diamond, S. (2015). The Visual Marketing Revolution: 26 Kuat Sukses Pemasaran di Media Sosial. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.
Heryanto, Gun Gun. 2018a. Media Komunikasi Politik. Yogyakarta: IRCiSoD.
Heryanto, Gun Gun. 2018b. Problematika Komunikasi Politik. Yogyakarta: IRCiSoD.
Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lesly, P. (2003). Everything You Wanted to Know about Public Relations. Singapore: Probus Publishing Company
Mulyana, Dedy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu
Prajarto, N 2008, “Efektivitas Publisitas Menilai Reputasi Institusi”, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.6, No.1, April 2008, hlm 75-81.
Ramacitti, D. F. (1990). Do It Yourself Publicity. New York: AMACOM
Wilcox, Nolte and Lawrence W, Dennis L, Effective Publicity, John Wiley and Sonc Inc, Canada, 1984.
WEBSITE
https://www.rumahmedia.com/insights/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai 191-juta-pada-2022
https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Https:kabar24.bisnis.com
Https:lipi.go.id.












