PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN PANJANG PADA KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12182Abstract
Microsoft powerpoint merupakan aplikasi dari Microsoft office yang mempunyai fitur membuat dan menyajikan presentasi dengan fitur yang menarik sehingga menjadikan lebih aktif dan menarik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint di dunia pendidikan. Hasil uji normalitas nilai Sig. (2-tailed)”pada pretest 0,0001 < 0,05 dan pada posttest 0, 200 > 0,05. Artinya hasil “data yang digunakan dalam penelitian ini telah berdistribusi normal. ”apabilasudah berdistribusi normal maka ”dapat dilakukan analisis uji keefektifan dengan menggunakan Uji N-Gain dan Paired Sampel T-Test. Uji N- Gain atau nilai kualitas tingkat keefektifan media secara keseluruhan yaitu 0,67 dengan kategori “Sedang Selanjutnya” analisis dengan“Uji Paired Sampel T-Test dengan taraf signifikan 0,05.”Downloads
References
Alzaber, A., Suripah, S., & Susanti, W. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar untuk Memfasilitasi Perkuliahan Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika (DPPM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4131
Annisa, MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SDMuhammadiyah Kampa Full Day School. Journal of Primary Education,4(1), 95–105
Annisa, Refli& Kartini Kartin (2021) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman.Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman.
Apriansyah, Muhammad Ridwan, Kusno Adi Sambowo,&Arris Maulana. (2020).Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil). Volume 9, No. 1 Januari 2020 (8-18) http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.
Henry Januar, Zaenal Arifin, Rezza Aldi Ferdiansa. (2017). Keefektifan Pembelajaran IPA Menggunakan Model Complette Sentence Berbantu Card Tehadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Ngelowetan Kabupaten Demak .Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1(3)pp.171-178.
Indah Wulandari, JesiAlexander Alim, M. JayaAdi Putra.(2022). Pengembangan Video Animasi Materi Pengukuran Panjang dan Berat untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JurnalObsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 2022. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/608/1
N. Jazlin, K.D.A.Afiani, M.N.Faradita (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PPT INTERAKTIF MATERI PERKALIAN UNTUK SISWA SD KELAS 2 SELAMA MASA PPKM DARURAT. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/878/555.
Knoop-van Campen, C. A. N., Segers, E., & Verhoeven, L. (2020). Effects of audio support on multimedia learning processes and outcomes in students with dyslexia. Computers and Education, 150(February), 103858. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103858.
Nabilah, Fatwa Fidia, Budi Hendrawan, Mohammad Fahmi Nugraha. Jurnal Pendidikan GuruSekolahDasar, 13(2): 93– 100
Nurhasanah, L. 2019. Seri Matematika Untuk Anak Mengenal Pengukuran. Bandung: PT Graha Bandung Kencana.
Prof. Dr. Sugiyono.2013.Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.
U Khairiyah, SN Faizah. Respon Siswa Terhadap Penggunaan Modul. Tematik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam 2 (1), 1-8, 2020. DOI: https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i1.4903
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.