PERANAN GURU DALAM PEMBIASAAN KEGIATAN JUMAT BERKAH UNTUK MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS MENGGUNAKAN PENDEKATAN KEARIFAN LOKAL PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN 01 MEURANDEH ACEH

Authors

  • Hana Zakiyyah PGSD FKIP Universitas Muria Kudus
  • A. Bakhrudin PGSD FKIP Universitas Muria Kudus
  • Much Arsyad Fardani PGSD FKIP Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12598

Keywords:

jumat berkah, pembiasaan, kearifan lokal, karakter religius

Abstract

Guru menjadi peran utama dalam proses pendidikan, tidak hanya menyampaikan materi akademik saja. Guru juga harus mengarahkan peserta didik pada perilaku berkarakter, khususnya bereligius dengan mengunakan pembelajaran yang terkandung dalam kearifan lokal sekitar. Namun, masih kurangnya karakter religius pada peserta didik dan ketidaktahuan makna dari adat/tradisi yang dilaksanakan sebagai kearifan lokal, disebabkan oleh perkembangan teknologi yang modern membuat peserta didik terkadang malas untuk mempelajari budaya daerah. Berbagai cara sudah dilakukan SDN 01 Meurandeh pada kelas 4 dalam peningkatan karakter religius, salah satunya dengan menggunakan pembiasaan Jumat berkah. Pembiasaan jumat berkah adalah pembiasaan mengaji/hafalan qur’an pada hari Jumat yang dilakukan oleh Kelas tinggi SDN 01 Meurandeh Aceh dan terdapat pengenalan kearifan lokal. Memiliki manfaat spiritual dan memberi ketenangan yang signifikan dalam pembentukan karakter religius siswa di SDN 01 Meurandeh. Penelitian menggunakan metode kualitatif naratif dengan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil menunjukkan dampak positif pelaksanaan pembiasaan Jumat berkah terhadap pemahaman, moral, dan kepedulian budaya. Dengan faktor pendukung dari lingkungan sekolah dan bimbingan guru, namun untuk factor penghambat kurang serius, malas menghafal surah, kurangnya kerjasama guru dengan orang tua, Mengenalkan kearifan lokal hanya saat perayaan saja. Saran meliputi, pemberian hukuman, reward, kerjasama orang tua, dan pengenalan kearifan lokal audio Visual. Penelitian ini diharapkan memberikan sumbangan bagi pendidikan karakter religius di sekolah. Kata Kunci : jumat berkah, pembiasaan, kearifan lokal, karakter religius

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Risasongko, B. (2022). Pembiasaan Sikap Tasamuh Santri Melalui Pembelajaran Rebana Kolosal. Jurnal Penelitian, 16(2), 371. https://doi.org/10.21043/jp.v16i2.18986

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Afifah, S. F., Utomo, S. T., & Azizah, A. S. (2022). Pembinaan Karakter Kepemimpinan melalui Kegiatan RISMA (Remaja Islam Masjid) di Desa Mojotengah Kecamatan Kedu. JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan …, 1(2), 106–116. https://journal.amorfati.id/index.php/JIPSI/article/view/29%0Ahttps://journal.amorfati.id/index.php/JIPSI/article/download/29/24

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229.

Arimbi, N. A. W., & Minsih, M. (2022). Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6409–6416. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3042

Aufa, Rijal Muhammad, Kironoratri, Lintang. Fardani, A. (2023). PERANAN PEMBIASAAN IBADAH DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 KUDUS. 09(September), 1339–1348.

Bakhruddin, Ahmad, Wardani, K. U. (2022). DEWANTORO DENGAN PENDIDIKAN ISLAM PASCA PANDEMI.

Fardani, M. A., & Wiranti, D. A. (2019). Bentuk Dan Proses Pembentukan Bahasa Prokem Para Pekerja Manyeng Di Desa Garung Lor Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 368–383. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.2978

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1229

Minggi, N., Pratiwi, I. A., & Bakhruddin, A. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN 1 PELEMKEREP PADA MATA PELAJARAN PPKn Novita. 09(September).

Mulyahati, B., Oktaviana, E., & Fransyaigu, R. (2022). Identifikasi Kearifan Lokal Berbasis Nilai Pendidikan Masyarakat Pesisir Langsa. 5(2), 1560–1571.

Muntaha, I. K. A., Utaminingsih, S., & Bakhruddin, A. (2022). The Effect of the CIRC Model on Reading, Writing, and Numeracy Skills in Second-Grade Elementary School Students. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 145–158. https://doi.org/10.17509/ebj.v4i2.47211

Noviana, N. (2018). Integritas Kearifan Lokal Budaya Tradisi Peusijuk. DESKOVI : Art and Design Journal, 1(1), 29–34. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/deskovi/article/view/283/190

Rahma Nurbaiti, Susiati Alwy, I. T. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. 2(March), 55–65.

Riyanti, A., & Novitasari, N. (2021). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 3(1), 29–35. https://doi.org/10.23887/jabi.v3i1.37780

Sayekti, Fardani, F. (2022). NILAI RELIGIUS DAN TOLERANSI DALAM FILM ANIMASI. 5(1), 10–19.

Tarisa, Hilyana, F. shoufika, Fardani, A. (2022). IMPLEMENTASI KAMPUS MENGAJAR UNTUK MENANAMKAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. 08.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Zuhri, A., & Bakhruddin, A. (2021). The Model Of Religious Moderation In Social Life: Study of Living Religion in Badongan, Kudus. Addin, 15(1), 71. https://doi.org/10.21043/addin.v15i1.13436

Downloads

Published

2024-03-19