PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA ANPOWSECO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SELF CONFIDIENCE SISWA KELAS II SDN 3 GENENG KABUPATEN JEPARA

Authors

  • Yusrul Hana Universitas Muria Kudus
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12599

Keywords:

metode role playing, media anpowseco, self confidience

Abstract

Self confidience merupakan sikap optimis, dari mulai yakin atas kemampuan untuk mencapai sesuatu dengan beradaptasi dengan situasi yang dihadapinya. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa kemampuan self confidience siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas II SDN 3 Geneng masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar peningkatan kemampuan Self Confidience siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode Role Playing dengan media Anpowseco. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN 3 Geneng dengan subjek sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, angket, dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest 44,57 dan nilai rata-rata posttest 88,57. Selain itu, penelitian ini menunjukkan nilai N-Gain sebesar 0,78 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa bahwa penerapan kemampuan metode role playing berbantuan media Anpowseco dapat meningkat kemampuan self confidinece siswa secara signifikan dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: metode role playing, media anpowseco, self confidience

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini: teori dan metode pengembangan. Edu Publisher.

Amri, S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156-170.

Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran PKn dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33-42.

Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.

Dewi, J., Rondli, W. S., & Fajrie, N. (2023). Nilai-Nilai Persatuan Yang Terkandung Dalam Film Animasi Adit Dan Sopo Jarwo Episode Upacara Kemerdekaan Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10391-10400.

Fathurohman, I., Nurcahyo, A. D., & Rondli, W. S. (2014). Film Animasi sebagai media pembelajaran terpadu untuk memacu keaksaraan multibahasa pada siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1).

Febrianti, A. N., Fajrie, N., & Masfuah, S. (2023). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Theater Dan Metode Bermain Peran (Role Playing). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 1370-1380.

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–Faktor Pembentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).

Kartini, U., & Rondli, W. S. (2023). Pengembangan Metode Cerita Gambar Berbasis Website Interaktif Dalam Kemampuan Bahasa Lisan Dan Budaya Lokal Bagi Anak Paud. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2).

Lesmoyo, Y. A. S., Fajrie, N., Surachmi, S., & Legowo, Y. A. S. (2023). Pengaruh Peningkatan Keaktifan Siswa Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Sd Dalam Pembelajaran Dengan Media Audiovisual. Journal On Teacher Education, 4(3), 777-783.

Mutofifin, M., & Rondli, W. S. (2022). Pengaruh Metode Mind Mapping Berbantu Gawai Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 288-297.

Permata, N., Purbasari, I., & Fajrie, N. (2021). Analisa Penyebab Bullying Dalam Kasus Pertumbuhan Mental Dan Emosional Anak. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2).

Rusfriyanti, R. B., & Rondli, W. S. (2023). Implementasi Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 83-90.

Rondli, W. S., & Kironoratri, L. (2023). Penerapan Model Reward And Punishment Berbantuan Media Pahuanca Untuk Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 13-19.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).

Tusaroh, A. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Kuasi Eksperimen Di Kelas V Sdn Cilaku) (Doctoral Dissertation, Uin Smh Banten).

Wijayanti, E. Y. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Metode Role Playing. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 31(1), 40-56.

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97-102.

Downloads

Published

2024-03-19