PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MONTESSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-KAHFI PALOPO

Authors

  • Sitti Anugrah Nur Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12969

Keywords:

Kemampuan membaca awal, Model pembelajaran montessori

Abstract

Membaca awal merupakan salah satu komponen didalam perkembangan bahasa dilingkup pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui mengetahui gambaran kemampuan membaca awal anak di TK Al- Kahfi Palopo sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran klasikal pada kelompok kontrol. 2) mengetahui gambaran kemampuan membaca awal anak di TK Al- Kahfi Palopo sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Montessori pada kelompok eksperimen. 3) mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Montessori terhadap kemampuan membaca awal Anak Di TK AL-Kahfi Palopo Desain penelitian ini Quasi Esperimental Desaign. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek peneltian ini berjumlah 20 orang kelompok kontrol 10 orang dan 10 orang kelompok eksperimen. hasil analisis data yang diperoleh dapat diliat pada hasil yang menujukkan bahwa nilai yang diperoleh dari untuk kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran klasikal yaitu Asymp 0,072 artinya tidak ada perbedaan kemampuan membaca awal anak. Adapun hasil perhitungan penerapan model pembelajaran montesori untuk kelas eksperimen memperoleh nilai Asymp Sig (2-tailed) 0,005. artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran montessori terhadap kemampuan membaca awal anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azkia, N., & Rohman, N. (2020). Analisis metode montessori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa sd/mi kelas rendah. Al-Aulad: Journal Of Islamic Primary Education, 3(2), 69-77.

Darnis, S. (2018). Aplikasi Montessori dalam pembelajaran membaca, menulis dan berhitung tingkat permulaan bagi anak usia dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01).

Depdiknas. (2008). Panduan Pembelajaran di TK. Jakarta: Direktorat Jender.

Hainstock, E. G. (2002). Montessori untuk Pra sekolah (terjemahan). PT Pustaka Delaprast.

Iryani, Mihda. 2020.Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kombinasi Model Direct Instruction dengan Metode Montessori di Kelompok B2 Ra Nurul Iman Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Lambung Mangkurang Banjarmasin. Pembimbing Chresty Anggreani, M.Pd.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62-69

Lina. 2017. Pelaksanaan Model Pembelajaraan Klasikal Di TK Kecamatan Danau Kerinci. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Meiliana, F., Ushuluddin, F., Islam, U., & Walisongo, N. (2015). Penerapan Metode Montessori Untuk Perkembangan Spiritualitas Anak Usia Dini (Di TK IT Amanah Sidapurna-Dukuhturi-Tegal). Universitas

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 434– 441.

Pangastuti, Ratna. (2014). edutaintment PAUD. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Sa’idah,N. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Metode Montessori”. Journal of Childhood Education, 6(1).

Sari,D.D & Rini,T.P.W (2022) “Pengaruh Penggunaan Buku Montessori Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Tingkat SD/MI”

Tangse, U. H. M. (2022). Literasi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pentingnya Lingkungan Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini. Tarbiyah bil Qalam: Jurnal Pendidikan Agama dan Sains, 6(1).

Uno Hanzah, (2013). Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Yusuf, E. B. (2016). Perkembangan dan Pemerilehan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 49.

Downloads

Published

2024-03-13