PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 149/IV JAMBI DENGAN MENERAPKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPAS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13065Abstract
Pendidikan merupakan faktor kunci dalam pembangunan sebuah bangsa, serta merupakan satu-satunya cara untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu aspek penting dalam mencapai pendidikan yang berkualitas adalah melalui pengembangan kurikulum yang baik. Di Indonesia, kurikulum merdeka menjadi salah satu inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan, namun tantangan dalam implementasinya masih terlihat, terutama dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 149/IV Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 149/IV Jambi. Proses penelitian dilakukan melalui empat tahapan inti: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didiksetelah penerapan model Reciprocal Teaching mulai dari prasiklus dengan persentase 35,30%, terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 58,82% dan juga terjadi peningkatan aktivitas peserta didikserta rata-rata pemahaman mereka terhadap materi. Namun, masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Pada siklus kedua, terlihat peningkatan yang signifikan dalam aktivitas dan pemahaman siswa, serta tingkat ketuntasan hasil belajar yang mencapai 85,29%. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model Reciprocal Teaching dalam pembelajaran IPAS mampu meningkatkan hasil belajar peserta didikserta keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran ini memberikan alternatif yang efektif dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.Downloads
References
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
Arikunto. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Budaeng, J., Ayu, H. D., & Pratiwi, H. Y. (2017). Pengembangan Modul IPA/Fisika Terpadu Berbasis Scaffolding pada Tema Gerak Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Momentum: Physics Education Journal, 1(1), 31. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.1633
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Pradja, B. P., & Firmansyah, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 159–166. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5829
Putri, T. A., Purba, R., Cahyani, W. R., & Abdulah, S. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran PBL Pada Siswa Kelas V Sdn 55/I Sridadi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Salim, Rasyid, I., & Haidir. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Indonesia Performance Journal 4, 5.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.
Sari, M., Ramadhani, H., & Belawati Pandiangan, A. P. (2023). Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd. At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar PGMI STAI Sangatta, 1(1), 26–37. https://doi.org/10.55799/attaksis.v1i01.264
Shinta Ledia, B. M. R. B. U. A. D. (2024). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. 6(1), 790–806. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.2708
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inoivatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.