ANALISIS STRATEGI GURU PPKN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SISWA KELAS XI SMAN 7 KERINCI

Authors

  • Dila Monisa Universitas Jambi
  • Irzal Anderson Universitas Jambi
  • Nurmalia Dewi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13083

Keywords:

Strategi Guru, Nilai-nilai multikultural, Faktor penghambat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan hambatan yang dialami oleh Guru PPKN dalam menanamkan nilai-nilai multikultural pada siswa kelas XI SMAN 7 Kerinci. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer ini didapat dari wakil kesiswaan, guru mata pelajaran PPKn dan peserta didik kelas XI SMAN 7 Kerinci melalui kegiatan wawancara dengan informan tersebut. Sedangkan data sekunder penelitian ini adalah RPP, Silabus, KI & KD, serta hasil rekaman dan dengan narasumber. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari analisis strategi guru ppkn dalam nilai-nilai multikultural pada siswa kelas XI SMAN 7 Kerinci terdapat beberapa kesimpulan (1) Guru memilih untuk menggunakan strategi diskusi sebagai alat utama. (2) Dalam upaya menanamkan nilai mendahulukan, guru dapat mengadopsi metode diskusi dan refleksi sebagai alat pembelajaran yang efektif. (3) Penerapan nilai kemanusiaan menggunakan metode ceramah. (4) Menanamkan nilai toleransi strategi guru melalui pendidikan multikultural mencakup pemberian keteladanan. (5) Dalam menerapkan nilai tolong menolong dapat diimplementasikan melalui pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari. (6) Dalam menjalankan sistem penilaian, guru telah menerapkan berbagai metode evaluasi, seperti diskusi, kuis, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. (7) Faktor penghambat yang dialami guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai multikultural yaitu meliputi faktor orang tua, kurangnya kesadaran diri siswa, sikap egois, fanatik terhadap agama.  

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Irzal Anderson, Universitas Jambi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Nurmalia Dewi, Universitas Jambi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Anderson, K. (2023). 3 1, 2,3. Journal Academy of Education, 14(2), 1139–1148..

Antara, M., & Vairagya, M. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Desain Bali, 2.

Ghony Djunadi, Sri Wahyuni, Fauzan Almanshur. (2020). Analisis Dan Interprestasi Data Penelitian Kualitatif (Trisnadewi Risa (Ed.); 1st Ed.).

Jannah, R. (2022). Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Ditinjau dari Indikator Keterlaksanaan Beny Susetyo. IAI Tribakti Prosiding Dan Seminar Nasional, 1(1), 509–516. https://prosiding.uit-lirboyo.ac.id/index.php/psnp/article/view/51%0Ahttps://prosiding.uit-lirboyo.ac.id/index.php/psnp/article/download/51/48.

Khoiruddin, A. (2018). Strategi Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Di Smpn 1 Lawang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Maulidah, N. A., & Yunus, M. (2023). Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Sosiologi. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(2), 234–240. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v2i2.2612.

Ningsih, S. (2018). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Peserta Didik Sma N 1 Sidomulyo Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Transcommunication, 53(1), 1–8. http://www.tfd.org.tw/opencms/english/about/background.html%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0A.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3–4.

Putriyanti, C. C., & Fensi, F. (2017). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Santa Maria Monica, Bekasi Timur. Psibernetika, 10(2), 114–122. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1047.

Sugiyono. (2019). Metode Peneilitian Kualitatif (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif.

Warahmah, M., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Pendekatan Dan Tahapan Penelitian Dalam Kajian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 72–81. https://doi.org/10.61104/jd.v1i2.32.

Downloads

Published

2024-03-26