ANALISIS PERAN KOMIK DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR TINGKAT AWAL

Authors

  • Anggraita Pangriptaningrum Universitas Pakuan Kota Bogor
  • Mursidah Rahmah
  • Riksa Suci Imaniah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13209

Abstract

Reading is a basic skill that is important for grade 2 students to master. By reading students are able to learn as a whole. Based on observations, the reading interest of grade 2 students still needs to be improved. This study aims to analyze and describe the use of digital comic teaching media to increase the reading interest of grade 2 elementary school students. In the approach, researchers used descriptive qualitative methods to describe and explain the real situation. Data collection methods use observation, interviews, and documentation. The research sample amounted to 4 teachers and 25 grade 2 students. The analysis technique used was descriptive qualitative. The results showed that the use of digital comic teaching media was considered effective in increasing the reading interest of grade 2 students. The presence of images and audio attracts students' attention, the elements offered in it make students more motivated to read stories and can be linked in classroom learning. Membaca merupakan kemampuan dasar yang yang penting untuk dikuasai oleh siswa kelas 2 di SD. Dengan membaca siswa mampu belajar secara keseluruhan. Berdasarkan observasi minat baca siswa kelas 2 SD masih perlu ditingkatkan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dan mendeskripsikan penggunaan media ajar komik digital untuk meningkatkan minat baca siswa kelas 2 SD. Dalam pendekatannya peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengambarkan dan menjelaskan keadaan secara nyata. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian berjumlah 4 guru dan 25 siswa kelas 2. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ajar komik digital dinilai efektif dalam meningkatkan minat baca siswa kelas 2 SD. Adanya gambar dan audio menarik perhatian siswa, elemen yang ditawarkan di dalamnya membuat siswa lebih termotivasi untuk membaca cerita dan dapat dikaitkan dalam pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, O., Willya, R., Luthfiyyah, A., Simbolon, P. C., Marini, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, I. (2023). Peran Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 449–454. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Afriani, E. D., Masfuah, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 21–27. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6648

Aini, O. T., Kurniaman, O., & Antosa, Z. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri 184 Pekanbaru. 6(8), 58–70. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/ajecee.v2i1.2498

Apriliani, Pawestri, S., & Radia, Hoesein, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 995–1003.

Arwati, A., & Oktaviani, A. M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Pelita Calistung, 4(1), 121–138. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/538

Chandra, Rahman, Damaianti, V. S., & Syaodih, E. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549.

Damaianti, V. S., Rahma, R., & Astini, M. P. (2020). Basic Dimensions of Early Reading Skills of Elementary School Students in Bandung. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(1), 39. https://doi.org/10.17977/um048v26i1p39-46

Dewi, T. M., Mirnawati, & Dinerti. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Dan Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Membaca Siswa pada Kelas II Di SDS 016 Muhammadiyah Karimun Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(2), 19–29.

Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2022). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. KoScaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 507–519. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1745

Imanulhaq, R., & Ichsan. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasionel Konkret 7-12 Tahun sebagai Dasar Kebutuhan Media Pembelajaran. Jurnal Waniambey: Jurnal of Islamic Education, 3(2). https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.174

Innaya Putri, R., Sumardi, & Karmila, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Flipbook Tema 6 Subtema 1 Aku Dan Cita-Citaku. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2098–2107. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.503

Kholida, N., & Dafit, F. (2023). Minat Baca Siswa Kelas IV C SDN 112 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 9034–9044. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5951

Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454

Kusumadewi, R. F., Ulia, N., & Sari, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Phenomenon, 10(1), 85–101.

Mirnawati. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Didaktika, 9(1), 98–112. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/14

Mulatsih, G. A., Artharina, F. P., & Dwijayanti, I. (2023). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaanpada Siswa Kelas Iii Sd Negeri Tambakrejo 01. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD, 09. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1133

Mustofa, A., Parji, & Dwi Rohman Soleh. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas V SDN Rejomulyo 1. Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11799

Nabiilatudzakiyah. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI NILAI_NILAI PANCASILA KELAS III SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD, 07, 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.503

Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Pinatih, S. A. C., & Putra, S. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. 5(1), 115–121. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279

Pujiarti, T., Putra, A., & Astuti, K. P. (2024). Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi Dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1.

Robi, N., & Zainal Abidin. (2020). Literasi Membaca Sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik (Jujur dan Bertanggung Jawab). Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 3(1), 790–797.

Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152.

Sumarni, D. E., Armariena, D. N., & Noviati. (2023). Pengaruh Bahan Bacaan Cerita Putri Biyuku Terhadap Minat Baca Siswa Sd Negeri 4 Talang Kelapa. 09, 1182–1189.

Supyadi, M. R., Encep Andriana, & Siti Rohmanah. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Baca Melalui Program Burasikaca Pada Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1077–1084. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2039

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tapiah, L., Dewi, R. S., & Lubis, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis e-Komik untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini 5 – 6 Tahun. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.57251/tem.v1i1.251

Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91

Wulanjani, A. N. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Yubilia, W., & Satriani, F. Y. (2023). Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Pembelajaran Daring di Kelas 1B SDS Muhammadyah 06 Tebet Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1088–1094.

Downloads

Published

2024-04-09