PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA MOSIDUP SISWA KELAS VI SD

Authors

  • Shinta Serlina Nugraheni Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Agnes Herlina Dwi Hadiyanti Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13211

Abstract

Penelitian ini terjadi karena kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam kategori rendah. Tujuan penelitian untuk: (1) mendeskripsikan upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan model PJBL berbantuan media MOSIDUP siswa kelas VI SD, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis model PJBL berbantuan media MOSIDUP siswa kelas VI SD, (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan model PJBL berbantuan media MOSIDUP  siswa kelas VI SD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 1 Tegalyoso yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, lembar kuesioner, dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan model PJBL berbantuan media MOSIDUP kelas VI SD dilakukan dengan langkah-langkah berikut: menentukan pertanyaan dasar, membuat desain produk, menyusul penjadwalan, memonitor proyek, penilaian hasil, dan evaluasi pengalaman. (2) penggunaan model PJBL berbantuan media MOSIDUP dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas VI SD. Hal ini dilihat dari rata-rata skor berpikir kritis, yaitu pada kondisi awal 45,61 dengan persentase 26,31%, siklus I menjadi 57,45 dengan persentase 42,10%, dan siklus II meningkat 70,26 dengan persentase 89,47%, (3) penggunaan model PJBL berbantuan media MOSIDUP dapat meningkatkan hasil belajar kelas VI SD. Hal ini dilihat dari rata-rata nilai kelas sebesar 59,21 dengan persentase 31,57% pada kondisi awal, menjadi 60,52 dengan persentase 47,36% pada siklus I, dan meningkat 75,26 dengan persentase 78,94% pada siklus II.   Kata kunci: Berpikir kritis, hasil belajar, PJBL, MOSIDUP

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adilah, A. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monokebu Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5076-5085.

Alpian, Y., & Anggraeni, S. W. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdia, 1(1), 66-72.

Andrian, Y., & Rusman. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14-21.

Arif, D., Zaenuri., & Cahyono,A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Seminar Nasional Pascasarjana (Hal.323-328). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Chanifah, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Journal Basicedu, 3(1), 168-168.

Dewi, N. S. (2023). Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 133-143.

Gaol, B. K., & Silaban, P. J. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal PAJAR, 6(3), 787-782.

Imanulhaq, R., & Ichsan. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Sebagai Dasar Kebutuhan Media Pembelajaran. Jurnal Waniambey : Journal Of Islamic Education, 3(2), 126-134.

Mawardi. (2018). Merancang Model Dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26-40.

Nurhayati, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Literasi Siswa Melalui Metode Content Analysis. Jurnal PGSD, 16(2), 85-97.

Paskalin, G., & Susanti, M. (2020). Analisis Butir Soal Materi Gaya Kelas IV di SD Negari Kentungan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 23-31.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911-7915.

Putri, C. (2023). Penerapan Project Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(3), 695-704.

Sari, A. Y., & Astuti, R. D. (2017). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Jurnal MOROTIC, 1(1), 1-13.

Silmi, M. Q., & achmadyanti , P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan RI SD Kelas V. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 489-495.

Siskawati, M., Pargito, & Pujiati. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 72-80.

Suciati, S., Septiana, I., & Untari, M. F. (2015). Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 175-188.

Wijayanti, T. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Biologi Dan Pembelajaran Biologi Inovatif: Menuju Persaingan Masyarakat Ekonomi Asean, 3(1), 115-123.

Downloads

Published

2024-04-09