PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS 4 SD N 95/II BUNGO

Authors

  • Reza Tito Anggara Universitas Jambi
  • Nazurty Magister Pendidikan Dasar Universitas Jambi
  • Nazurty Magister Pendidikan Dasar Universitas Jambi
  • Destrinelli Magister Pendidikan Dasar Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13219

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keaktifan belajar IPAS peserta didik kelas 4 SD N 95/II Bungo pada materi Cerita tentang Daerahku dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan pada siklus 1 dan 2 kali pertemuan pada siklus 2. Pengumpulan data melalui observasi guru dan peserta didik dan pemberian tes di akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata keaktifan belajar peserta didik sebesar 52,16 pada siklus 1 dan 87,5 pada siklus 2. Ketuntasan klasikal keaktifan belajar mencapai 31,25% pada siklus 1 dan 88% pada siklus 2. Dan hasil partisipan peserta didik pada siklus 1 sampai dengan siklus 2 mengalami peningkatan dari cukup tinggi menjadi sangat tinggi. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan keaktifan belajar IPAS peserta didik kelas IV SD N 95/II Bungo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiani, N. (2021). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Keaktifan belajar IPAS Peserta didik Kelas XI Pada Materi Program Linier Menggunakan Problem Based Learning dengan Media Visual dan PPT Di Smk Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 65–72. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.95

Agustin, S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2021). Kajian tentang keaktikan belajar siswa dengan media teka teki silang pada pembelajaran IPS SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 166-176.

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Visual terhadap Kemampuan Pembelajaran Numerasi Peserta didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan IPAS, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829

Arafat Lubis, M., & Azizan, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan belajar IPAS di SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Logaritma, 6(2), 150–163.

Cut Eka Parasamya, A. W. (2017). Upaya Peningkatan Keaktifan belajar Fisika Peserta didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahapeserta didik (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.

Ernawati, N. P. E. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Gambar Visual untuk Meningkatkan Keaktifan belajar Peserta didik di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Singaraja. Stilistika, 9(1), 92–106. https://doi.org/10.5281/zenodo.4295628

Fikri Bunger, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan belajar Peserta didik Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 52. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3193

Gusti Ayu Putri Sriwati, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan belajar IPAS. Indonesia Journal Oof Educational Development, 2(2), 302–313. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4787

Harahap, muhammad S., Ahmad, M., & Lumbantobing, S. M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Visual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPAS. Mathematic Education Journal)MathEdu, 5(1), 70.

Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan keaktifan belajar siswa menggunakan pendekatan inkuiri di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353-371.

Husnidar, & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan belajar IPAS Peserta didik. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan IPAS Dan Sains, 02(02), 67–72.

Khalda, S., & Haq, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Channel Visual Privat Al Faiz terhadap Keaktifan belajar IPAS. 2, 69–75.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.

Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 5(1), 37–41. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006057

Nugroho, W. (2021). Pendekatan Problem Based Learning Model Diskusi Kelompok Berbantuan Gambar Visual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Keaktifan belajar Statistika. Jurnal Pendidikan IPAS (Kudus), 4(2), 211–226. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12259

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Raharjo, S. (2020). Peningkatan Keaktifan belajar Peserta didik Kelas 4 Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Berbantu Media Visual. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(1), 1–23.

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3-456.

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955

Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597

Sari, S. P. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19-24.

Septian, A., Monariska, E., & Yunita, E. (2022). Penerapan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta didik sesuatu yang tepat untuk diingat dan kemudian dapat mengimplementasikan dalam bentuk & Ramadanty , 2020 ). Kemampuan pemahaman matematis merupakan pengetahuan peserta didik sendiri ole. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPAS, 10(3), 319–329.

Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 6(2), 93-99.

Sri Rahayu, E., Palobo, M., N, N., Riyana, M., & Johanis, D. (2018). Penerapan Pendekatan Scientific dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar IPAS Peserta didik SMP Negeri 9 Merauke. Jurnal Magistra, 5(1), 15–25. https://core.ac.uk/download/pdf/268213993.pdf

Subqi, I. (2021). Penggunaan Media Visual dalam Meningkatkan Keaktifan belajar Materi Zakat dan Hikmahnya di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Weding Demak. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 142. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.3246

Sugianto, R. (2023). Penerapan Gambar Visual “ Pak Rahmad ” sebagai Sumber Belajar IPAS untuk Meningkatkan Keaktifan belajar Peserta didik SMA. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 01(01), 1–9.

Sya’ban, M. B. A. (2018). Tinjauan mata pelajaran IPS SMP pada penerapan pendidikan lingkungan hidup untuk peduli akan tanggung jawab lingkungan. Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan (JGEL), 2(01), 32-44.

Yakin, A. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).

Downloads

Published

2024-04-09